1 ASN dan 2 dari Swasta Jadi Tersangka Korupsi Revitalisasi Pasar di Garut

Selasa, 23 Februari 2021 18:42 Reporter : Aksara Bebey
1 ASN dan 2 dari Swasta Jadi Tersangka Korupsi Revitalisasi Pasar di Garut ilustrasi pengadilan. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Penyidik Kejaksaan Tinggi Jawa Barat menetapkan tiga orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi revitalisasi Pasar Tradisonal Leles, Kabupaten Garut. Satu orang berstatus sebagai aparatur Sipil Negara (ASN), sisanya dari unsur swasta.

Asisten Pidana Khusus Kejati Jabar, Riyono mengungkapkan satu orang tersangka berlatar belakang ASN berinisial PF. Dalam kasus ini, ia merupakan pejabat pembuat komitmen (PPK).

"Satu (tersangka) dari unsur ASN dan dua lagi dari unsur swasta (berinisial) RNN dan ARR dari unsur swasta atau dari PT Uni Tano Seuramo selaku pemenang tender proyek revitalisasi Pasar Leles," kata dia, Selasa (23/2).

Proyek revitalisasi ini dilakukan pada tahun 2019 dengan anggaran yang dialokasiskan sebesar Rp 9 miliar. Namun, mereka merekayasa dokumen penawaran untuk memenuhi persyaratan lelang.

Lalu, berdasarkan tinjauan langsung ke lokasi pasar, konstruksi bangunan tidak sesuai dengan sepesifikasi. "Hasil audit dari ahli dari UGM dan BPKP Jabar, ternyata ada kerugian negara hingga Rp1,9 miliar dalam proyek tersebut," ujar Riyono.

"Kami pastikan semuanya berjalan profesional dan kedepankan asas praduga tak bersalah. Penetapan tersangka ini berdasarkan fakta dan alat bukti yang ditemukan penyidik," pungkasnya. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kasus Korupsi
  3. Pasar
  4. Garut
  5. Bandung
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini