Survei BI: Penyaluran Kredit Perbankan Meningkat di Triwulan II-2021

Jumat, 16 Juli 2021 18:15 Reporter : Idris Rusadi Putra
Survei BI: Penyaluran Kredit Perbankan Meningkat di Triwulan II-2021 Gedung Bank Indonesia. Merdeka.com / Dwi Narwoko

Merdeka.com - Hasil survei permintaan dan penawaran pembiayaan perbankan Juni 2021 yang dilakukan Bank Indonesia (BI) mengindikasikan peningkatan penyaluran kredit baru untuk keseluruhan triwulan II-2021. Penyaluran diperkirakan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya.

"Hal tersebut terlihat dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) perkiraan penyaluran kredit baru sebesar 68,1 persen," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat (16/7).

Sementara itu, pada Juni 2021 responden memperkirakan penyaluran kredit baru tumbuh lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya. Kemudian berdasarkan kelompok bank, pertumbuhan penyaluran kredit baru pada Juni 2021 juga diperkirakan terjadi pada seluruh kategori bank.

"Sementara itu responden berpendapat kebutuhan pembiayaan korporasi pada Juni 2021 cenderung melambat dari pada bulan sebelumnya, dengan SBT 12,8 persen lebih rendah dari 16,1 persen pada Mei 2021," jelasnya.

Sejumlah sektor seperti industri pengolahan, jasa keuangan, dan pertambangan terindikasi membutuhkan pembiayaan yang meningkat, terutama digunakan untuk mendukung aktivitas operasional, mendukung pemulihan pasca-era new normal dan membayar kewajiban yang jatuh tempo.

Di sisi lain terdapat indikasi penurunan kebutuhan pembiayaan pada beberapa sektor yaitu konstruksi, transportasi dan pergudangan, penyediaan makanan minum serta informasi dan komunikasi, terutama dipengaruhi oleh menurunnya kegiatan operasional karena lemahnya permintaan domestik.

Baca Selanjutnya: Sisi Rumah Tangga...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Perbankan
  3. Bank Indonesia
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini