Dampak PPKM Darurat, BSI Prediksi Penyaluran Pembiayaan Turun di Semester II-2021

Jumat, 30 Juli 2021 14:00 Reporter : Anisyah Al Faqir
Dampak PPKM Darurat, BSI Prediksi Penyaluran Pembiayaan Turun di Semester II-2021 syariah. shutterstock

Merdeka.com - Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di awal kuartal II-2021 membuat proyeksi pertumbuhan ekonomi tak seoptimis sebelumnya. Lonjakan kasus Covid-19 ini turut membuat sektor perbankan ikut pesimis setelah baru saja menunjukkan perbaikan pada April-Mei lalu.

Direktur Finance & Strategy, Bank Syariah Indonesia, Ade Cahyo Nugroho menilai pertumbuhan kredit BSI akan kembali menurun. Dia memperkirakan pertumbuhan penyaluran pembiayaan akan menjadi single digit, turun dari capaian semester I-2021 yang mampu tumbuh 11,73 persen.

"Memang di semester dua ini kita berhati-hati karena kita kehilangan Juli-Agustus. Jadi kita proyeksikan tumbuhnya bisa 1 digit untuk pembiayaan," kata Cahyo dalam konferensi pers, Jakarta, Jumat (30/7).

Dalam kondisi ini pun pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) diperkirakan akan tetap tumbuh double digit. Sebab pada semester I-2021 pertumbuhan DPK BSI mencapai 16,03 persen.

Meski begitu, dia memperkirakan hingga penghujung tahun BSI akan mencatatkan pendapatan hingga Rp3 triliun. Target ini sesuai dengan proyeksi perusahaan yang telah ditetapkan awal tahun 2021.

"Profit ini kita masih bisa dapat Rp2,9 triliun sampai Rp3 triliun, ini masih bisa dan on the track," kata dia.

Cahyo yakin target tersebut masih bisa dikejar di tengah penyaluran pembiayaan yang terhambat. Sebab strategi yang dilakukan dengan melakukan efisiensi operasional. Apalagi saat ini banyak layanan BSI yang tidak perlu tatap muka.

Selain itu, pencadangan tahun ini pun tidak akan terlalu banyak. Sebab tahun lalu perusahaan telah banyak melakukan pencadangan. "Tahun lalu kita sudah mencadangkan sangat besar, jadi cadangan kita sekarang tidak terlalu tinggi," kata dia. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini