Cakupan Jaminan Simpanan LPS Capai 447,1 Juta Nasabah di 107 Bank dan 1.632 BPR

Selasa, 12 April 2022 20:57 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Cakupan Jaminan Simpanan LPS Capai 447,1 Juta Nasabah di 107 Bank dan 1.632 BPR LPS. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, saat ini pihaknya menjamin simpanan sebanyak 447,1 juta nasabah bank. Adapun saat ini bank peserta program penjaminan LPS berjumlah 107 bank umum dan 1.632 BPR atau BPRS.

"Dengan hanya mempertimbangkan maksimum simpanan yang dijamin sebesar Rp2 miliar per nasabah per bank, maka cakupan penjaminan LPS mencapai 99,9 persen dari jumlah rekening nasabah penyimpan atau setara 447,1 juta rekening," kata Purbaya seperti dikutip dari Antara dalam Silaturahmi LPS di Jakarta, Selasa (12/4).

Apabila ditambahkan kriteria tingkat bunga penjaminan (TBP) LPS, simpanan nasabah di bank yang dijamin LPS sedikit menurun menjadi 97,5 persen. Sisa 2,4 persen dari total nasabah perbankan tidak masuk cakupan penjaminan karena memperoleh suku bunga di atas tingkat bunga penjaminan LPS.

"Sampai dengan saat ini, besaran nilai simpanan yang dijamin LPS sebesar Rp2 miliar per nasabah per bank, atau setara dengan 32,2 kali PDB per kapita nasional pada tahun 2021," katanya.

Untuk mendukung program penjaminan simpanan, LPS meminta kepada seluruh bank untuk mematuhi ketentuan program penjaminan LPS.

"Kepatuhan dimaksud dilakukan dengan menempatkan bukti kepesertaan, maksimum simpanan yang dijamin, dan tingkat bunga penjaminan LPS pada tempat yang mudah diketahui yaitu di seluruh jaringan kantor, media informasi seperti website dan media sosial, serta layanan digital bank seperti aplikasi mobile banking dan internet banking," katanya.

2 dari 2 halaman

LPS: Masyarakat Tak Usah Khawatir Simpan Uang di Bank, Kita Jamin Hingga Rp2 Miliar

tak usah khawatir simpan uang di bank kita jamin hingga rp2 miliar

Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa meminta masyarakat tidak perlu khawatir dengan penjaminan pembiayaan yang diberikan perbankan. Sebab dana masyarakat yang tersimpan di bank sampai Rp2 miliar telah dijamin 100 persen oleh pemerintah.

"Sebagian dana-dana besar dilindungi LPS. Masyarakat enggak usah khawatir keuangan di perbankan. Uang mereka dijamin 100 persen, kecuali uang di atas Rp2 miliar," kata Purbaya dalam Sarasehan Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional - Temu Stakeholders di Bali, Jumat (9/4).

Purbaya menjelaskan dana nasabah dengan nilai maksimal Rp2 miliar telah dijamin LPS. Penjaminan yang diberikan mencapai 35,1 kali PDB kapita nasional.

Dia menjelaskan, penjaminan ini memang tidak dinaikkan ke angka maksimal Rp5 miliar. Alasannya rata-rata penjaminan yang diberikan LPS berbagai negara hanya 7 kali dari PDB per kapita.

"LPS sudah jauh di atas standar yang dilakukan LPS dunia. Jadi, dari jumlah yang Rp2 miliar itu sekitar 99,91 persen atau 350,259.222 rekening dilindungi 100 persen oleh LPS," tutur Purbaya.

Baca juga:
LPS Soroti Literasi Masyarakat Tangkal Ancaman Siber di Era Digital
LPS Turunkan Suku Bunga 2021 ke Titik Terendah Sepanjang Sejarah, ini Alasannya
LPS Ramal Penyaluran Kredit dan DPK Perbankan Bakal Naik di 2022
LPS Tahan Suku Bunga Penjaminan Simpanan Bank Umum Sebesar 3,5 Persen
LPS: Laba Perbankan Indonesia Capai Rp131,2 Triliun per November 2021
LPS: Tingkat Bunga Rendah, Perbankan Punya Fleksibilitas Dorong Penyaluran Kredit
Tips Investasi untuk Pemula Versi LPS, Termasuk Jangan Pakai Dana Utang dan Pinjol

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. LPS
  3. Perbankan
  4. Ekonomi Indonesia
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini