Bos BI: Kelompok Pengguna Kredit Bank Tumbuh Positif, Terutama KPR

Kamis, 18 November 2021 15:18 Reporter : Sulaeman
Bos BI: Kelompok Pengguna Kredit Bank Tumbuh Positif, Terutama KPR Gubernur BI Perry Warjiyo. ©handout/Bank Indonesia

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo memberikan kabar baik terkait kinerja kredit perbankan. Perry menyebut, saat ini seluruh kelompok penggunaan kredit tumbuh positif.

"Saat ini, seluruh kelompok penggunaan kredit telah tumbuh positif. Terutama Kredit Konsumsi dan Kredit Modal Kerja," terangnya dalam video konferensi Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan BI - November 2021, Kamis (18/11).

Perry merinci, di sektor konsumsi, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) terus mencatat pertumbuhan tertinggi. Yaitu sebesar 8,87 persen secara year on year (yoy).

"Sementara itu, pertumbuhan kredit UMKM meningkat menjadi sebesar 3,04 persen (yoy)," bebernya.

Perry mengatakan, membaiknya permintaan kredit sejalan dengan meningkatnya aktivitas dunia usaha dan konsumsi sejalan dengan melonggarnya aktivitas masyarakat. Dari sisi penawaran, standar penyaluran kredit oleh perbankan melonggar seiring dengan menurunnya persepsi risiko.

"Hal ini menunjukkan berlanjutnya perbaikan di sektor riil dan dunia usaha, khususnya UMKM. Bank Indonesia akan terus melanjutkan kebijakan makroprudensial yang akomodatif serta sinergi kebijakan dengan Pemerintah dan otoritas lainnya di sektor keuangan untuk mendorong peningkatan kredit perbankan," tandasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini