BNI di Merdeka Award 2022: Kita Wajib Memastikan UMKM Bangkit dari Pandemi Covid-19

Kamis, 30 Juni 2022 20:15 Reporter : Rifa Yusya Adilah
BNI di Merdeka Award 2022: Kita Wajib Memastikan UMKM Bangkit dari Pandemi Covid-19 Merdeka Award 2022 Program Pemberdayaan UMKM PT BNI. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI memenangkan penghargaan Merdeka Award 2022 kategori Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) melalui program BNI Xpora dan implementasi aplikasi BNI MOVE. Kedua program tersebut dinilai sebagai langkah inovatif di sektor perbankan dalam mendorong pertumbuhan dan kestabilan ekonomi.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki kepada Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal di Gedung Paviliun Smesco di Jakarta.

Menteri Teten mengapresiasi kontribusi BNI terhadap pengembangan segmen UMKM. Dia berharap, penghargaan itu bisa memotivasi pelaku industri jasa keuangan lainnya untuk membuat segmen UMKM menjadi lebih berkualitas.

"Saya tahu BNI mempunyai komitmen untuk memberikan pembiayaan-pembiayaan di sektor produktif. Langkah BNI harus diikuti oleh perbankan lain,” ujar Menteri Teten.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal menyampaikan terima kasih kepada Kemenkop UKM yang telah memberikan dorongan kepada BNI untuk ikut mendorong UMKM.

Iqbal juga berterimakasih kepada Merdeka.com atas penghargaan yang diberikan. Penghargaan tersebut, kata Iqbal, merupakan upaya BNI untuk mendorong Indonesia bangkit dari kondisi pandemi Covid-19.

Iqbal juga mengatakan bahwa penghargaan tersebut akan memberikan semangat bagi BNI untuk memastikan UMKM bisa bangkit dan kembali berjaya. Sebab, kata Iqbal, UMKM merupakan salah satu pilar ekonomi Indonesia. hal itu bisa dilihat dari dampak pertumbuhan besar UMKM di sejumlah negera seperti Jerman, Jepang, China, dan Korea.

"Negara-negara tersebut tumbuh bukan karena konglomerasi, tapi karena UMKM yang kuat,"
ujar Iqbal saat Acara Merdeka Award 2022 digelar di Gedung Paviliun Provinsi Smesco-Nareswara Hall, Lantai 4, Jakarta dengan tema "Inspirasi Indonesia", Jakarta (30/6).

Pemberdayaan UMKM ini, menurut Iqbal, adalah sebuah perjalanan yang harus dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan. "Beberapa negara maju di Eropa seperti Jerman telah menjalani journey ekonomi bersama pelaku UMKM dan berhasil membuktikan bahwa ekonominya bisa mandiri dan kokoh," kata Iqbal.

"Seperti yang disampaikan Pak Teten, di waktu lalu bahkan di masa krisis 98, UMKM adalah sektor yang mampu bertahan paling kuat, tapi pandemi membuat UMKM kita terpukul. Sehingga kita punya kewajiban untuk memastikan UMKM bangkit," lanjutnya.

Selain itu, sebagai bank global Indonesia, BNI melakukan program pengembangan segmen UMKM untuk menembus pasar ekspor. Diketahui, program BNI Xpora menggabungkan ekosistem ekspor dan diaspora. Program tersebut diharapkan mampu meningkatkan jumlah ekspor produk UMKM.

Pihaknya menargetkan kontribusi ekspor pelaku UMKM meningkat, dari 14 persen di 2022 menjadi 17 persen pada 2024 mendatang. “Kami berharap lebih banyak pelaku UMKM menjalankan bisnis ekspor secara efektif, sekaligus mampu melakukan perbaikan dalam segi manajemen, produksi, promosi dan pemasaran," tutupnya.

Seperti yang diketahui, Merdeka Award merupakan apresiasi yang diberikan kepada para inspirator yang bergerak atas nama kemajuan negeri. Penghargaan diberikan bukan hanya kepada sosok masyarakat insipiratif, namun kepada pemerintah daerah maupun perusahaan yang membantu masyarakat dalam memulihkan perekonomian mereka.

Pada 2022 ini, Merdeka Award memberikan lima kategori penghargaan. Kelima kategori itu adalah Program Inovasi untuk Negeri, Program Kreatif Pariwisata, Program Inovasi Digital, Program Pembedayaan UMKM, dan Program Sosok Inspiratif untuk Negeri.

Merdeka Award 2022 dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin dan Managing Director EMTEK, Sutanto Hartono, yang hadir secara virtual. Sementara itu, hadir secara langsung Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Aris Darmansyah Edisaputra, Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kominfo I Nyoman Adhiarna, dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu. [bim]

Baca juga:
Saksikan Merdeka Awards 2022, Apresiasi untuk Inovasi
Saksikan Merdeka Award 2022 Inspirasi Indonesia 30 Juni 2022

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini