Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bawa UMKM Indonesia Mendunia, BRI Selenggarakan UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR 2022

Bawa UMKM Indonesia Mendunia, BRI Selenggarakan UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR 2022 BRI Selenggarakan UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR 2022. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus memperkuat komitmen membawa UMKM Indonesia go global melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 yang berlangsung pada 1-31 Desember 2022. Acara ini menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT BRI ke-127 dan puncaknya UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR 2022 akan diselenggarakan secara offline pada 14-18 Desember2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pada kegiatan ini BRI menghadirkan lebih dari 500 UMKM terpilih. Dalam pemilihan peserta UMKM tersebut juga mempertimbangkan aspek-aspek Environmental, Social, Governance (ESG). BRI sebagai role model penerapan prinsip-prinsip ESG juga mendorong pelaku UMKM untuk mampu tumbuh berkelanjutan. Implementasi prinsip ESG dalam proses produksi meliputi kegiatan pemberdayaan perempuan, pengelolaan limbah, dan inklusivitas menjadi penilaian dalam memilih UMKM terpilih di ajang UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 tahun ini.

Rangkaian pameran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 yang diselenggarakan secara tahunan ini meliputi Expo dan Virtual Expo, Bazaar Online, Business Matching, Ngobrol Bisnis, Ngobrol Pintar, Ketawa Bareng, Dari Lokal Jadi Kece, Serba Serbu, Yuk Berkreasi, Tiba-Tiba Shopping, Nusantarasa, Cerita Wastra, Music Performance, dan UMKM dan business matching Awards. Di mana seluruh rangkaian acara ini melibatkan UMKM peserta untuk memberikan kesempatan meningkatkan publikasi kepada masyarakat sehingga ber-impact pada peningkatan penjualan produk-produk mereka.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 kali ini, BRI Kembali menghadirkan business matching antara pelaku UMKM binaan terpilih dengan buyer internasional. BRI bekerjasama dengan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), Atase Perdagangan (ATDAG) Kementerian Perdagangan, Kantor Dagangan dan Ekonomi Indonesia (KDEI) serta berkolaborasi dengan Overseas Network BRI dan Bank Representative BRI yang berada di luar negeri. Ditargetkan sebanyak 40 buyer internasional yang diundang dari 19 negara akan mengikuti rangkaian acara virtual business matching ini mulai dari tanggal 6-8 Desember 2022.

Kegiatan Press Conference UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 yang diselenggarakan pada 2 Desember 2022 ini dihadiri oleh Direktur Utama BRI Sunarso, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, Direktur Bisnis Konsumer Handayani, Diana Nazir sebagai Kurator Brilianpreneur 2022 dan Ade Soelistyowati sebagai Owner CV. Gemilang Inovasi selaku perwakilan peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

Sunarso mengatakan bahwa UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR merupakan inisiatif BRI untuk memperkenalkan keunikan UMKM dan produknya yang memiliki daya saing tinggi. Hal ini selaras dengan tema UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR yang dibawa tahun ini dengan mengusung tema 'Brings MSMEs Indonesia to the World'.

"UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan agar dapat melakukan ekspor dan masuk pasar internasional karena UMKM saat ini merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. BRI melihat adanya peluang besar bagi produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain," ujar Sunarso.

Terdapat 500 UMKM pilihan terpilih yang siap memperlihatkan keunikan, kualitas, dan kisah dibalik produk, bahan baku serta material ramah lingkungan, hingga pemberdayaan masyarakat pada proses produksi yang beragam kepada audience nasional hingga buyer internasional dari 19 negara. Ada beragam kategori produk UMKM yang ditampilkan, antara lain Home Decor & Craft, Fashion & Wastra, dan Healthcare atau Wellness melalui Indonesia’s Finest. Untuk diketahui, Indonesia’s Finest hadir secara khusus sebagai salah satu momen kebangkitan UMKM Indonesia pada UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini.

Sebelumnya, UMKM binaan BRI juga sempat 'unjuk gigi' kepada delegasi KTT G-20 melalui mini showcase UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR pada 15-16 November 2022 di Apurva Kempinski Bali yang berkolaborasi bersama Kementerian Koperasi dan UKM. "Dengan adanya Kerjasama yang dibentuk oleh BRI tersebut tentunya akan semakin membantu para UMKM yang akan go global untuk semakin mudah menembus pasar internasional," ucap Sunarso.

Sementara itu, Amam menyampaikan bahwa pemberdayaan yang selama ini dilakukan BRI semakin mendorong antusiasme pelaku UMKM untuk menembus pasar global. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pendaftar UMKM dalam BRILIANPRENUER 2022 yang meningkat signifikan 126% Year on Year (YoY). Tidak hanya itu, semangat untuk go global juga semakin menyebar di berbagai wilayah di Indonesia, sebagaimana tampak dari asal kota yang berpartisipasi dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR yang melesat 113% YoY.

Sebanyak 1.189 UMKM binaan BRI dan 128 UMKM terpilih yang berasal dari komunitas, lembaga dan kementerian terkait, yang telah mendaftar sebagai peserta kurasi UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 hingga terpilih 500 pelaku UMKM. Oleh karena itu, Amam menegaskan BRI senantiasa memperkuat pemberdayaan melalui berbagai pelatihan, pendampingan, hingga dukungan pembiayaan.

"Untuk mendukung merealisasikan penjualan UMKM secara go global, selain kami kini memiliki 6 kantor di luar negeri yang sudah bekerjasama dengan 1.200 bank, kami juga tentunya membekali UMKM dengan berbagai pelatihan yang telah diselenggarakan sebelum business matching dilaksanakan. Kami harapkan terjalin komitmen pembelian produk UMKM sehingga dapat memperluas akses pasar global," tegasnya.

Kurator UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 Diana Nazir mengungkapkan penilaian terhadap UMKM terpilih sangat komprehensif. "Proses kurasi UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini yang cukup panjang, telah melalui beberapa tahapan, baik administrasi, observasi semua produk secara langsung dan juga interview dengan pemilik usaha. Kami telah meloloskan UMKM yang siap dan layak masuk ke pasar global, tidak hanya baik dalam desain dan kemasan, tapi juga memenuhi syarat legalitas dan sertifikasi dari tiap jenis produknya," terangnya.

Di sisi lain, Ade selaku Owner CV. Inovasi Gemilang yang membawa produk 'Cassava Chips Yummy Babeh' sebagai perwakilan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR juga menyampaikan, menjadi peserta BRILIANPRENUER merupakan kesempatan emas untuk mendalami pangsa pasar internasional.

"Selain itu dirinya sangat merasakan dampak dari kepesertaan pada UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR ini dapat mendatangkan lebih banyak calon pembeli, nilai transaksi, dan juga brand image produknya yang semakin dikenal di pasar global dan internasional," pungkasnya.

Selama acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022, nasabah BRI dapat menikmati berbagai promo menarik berupa diskon dan cashback 57% hingga Rp 227ribu dari 1 hingga 31 Desember 2022. Promo tersebut dapat diperoleh jika melakukan pembelian produk via e-commerce Tokopedia, Shopee, Blibli, dan PADI UMKM, serta melakukan pembayaran menggunakan Debit dan Kartu Kredit BRI.

Seluruh rangkaian kegiatan dapat diakses melalui website www.bril ianpreneur.com, Instagram: @bankbri_id, Twitter: bankbri_id, kontak_bri, promo_bri, Facebook: Bank BRI, Youtube: Bank BRI dan Tiktok: Bank BRI.

(mdk/hhw)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Dukung Kesetaraan, BCA Salurkan UMKM Entrepreneur Perempuan Rp14,8 Triliun Sepanjang 2023

Dukung Kesetaraan, BCA Salurkan UMKM Entrepreneur Perempuan Rp14,8 Triliun Sepanjang 2023

Persentase pekerja perempuan di BCA juga mencapai 60,8 persen dari total pekerja dan menduduki 61,1 persen dari total manajer di perusahaan.

Baca Selengkapnya
Kalurahan Pleret Bangun Kios Baru Manfaatkan Program Desa Brilian, Begini Dampaknya Bagi Pelaku UMKM

Kalurahan Pleret Bangun Kios Baru Manfaatkan Program Desa Brilian, Begini Dampaknya Bagi Pelaku UMKM

Mereka memanfaatkan bangunan senilai Rp500 juta hasil Program Desa Brilian. Namun mereka dikenakan tarif sewa lebih mahal untuk bisa berjualan di sana.

Baca Selengkapnya
BRI Salurkan Sembako Bantu Korban Bencana Gempa Sumedang

BRI Salurkan Sembako Bantu Korban Bencana Gempa Sumedang

Bantuan yang diberikan ini berasal dari BRI Peduli melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ribuan Penonton Meriahkan Hari Pertama KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024

Ribuan Penonton Meriahkan Hari Pertama KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024

Pada event KLBB tahun ini semakin meriah dengan hadirnya BRI.

Baca Selengkapnya
Agen BRILink Mekaar Membuat Lompatan Pendapatan Nasabah Mekaar

Agen BRILink Mekaar Membuat Lompatan Pendapatan Nasabah Mekaar

Esti sering memotivasi anggota kelompoknya yang berjumlah 30 orang untuk tetap rutin melakukan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM).

Baca Selengkapnya
Telkom Borong 4 Penghargaan dari Kementerian BUMN, Salah Satunya BUMN Terbaik Atasi Penanganan Krisis

Telkom Borong 4 Penghargaan dari Kementerian BUMN, Salah Satunya BUMN Terbaik Atasi Penanganan Krisis

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meraih 4 penghargaan dari Kementerian BUMN dalam ajang BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024.

Baca Selengkapnya
Cara Cetak Wirausaha Unggul di Indonesia, Kini Sudah Terkumpul 29.780 Ide Bisnis

Cara Cetak Wirausaha Unggul di Indonesia, Kini Sudah Terkumpul 29.780 Ide Bisnis

Tidak hanya peserta yang baru membawa ide bisnis, namun juga banyak peserta yang telah memiliki bisnis bagus, yang turut bersaing dalam seleksi ini.

Baca Selengkapnya
BUMN Pertamina Turun Tangan Bantu UMKM Berdaya Saing Global, Ini Dilakukan Perusahaan

BUMN Pertamina Turun Tangan Bantu UMKM Berdaya Saing Global, Ini Dilakukan Perusahaan

Sejak 2023, Pertamina bersinergi dengan BRI untuk menyalurkan bantuan pinjaman modal usaha kepada UMK binaan.

Baca Selengkapnya
KPR BRI Property Expo di Citra Garden Bintaro, Simak Beragam Penawaran Menarik yang Bisa Diraih!

KPR BRI Property Expo di Citra Garden Bintaro, Simak Beragam Penawaran Menarik yang Bisa Diraih!

Intip penawaran menariknya yang bisa dimanfaatkan untuk miliki rumah impianmu!

Baca Selengkapnya