Unik, temuan pembersih jamur kentang dari ekstrak batang pepaya

Senin, 2 Mei 2016 09:30 Reporter : Dewi Ratna
Unik, temuan pembersih jamur kentang dari ekstrak batang pepaya International Conference of Young Scientist. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Locelyne Livia Kusuma (16), berhasil meneliti ekstrak batang pepaya dan memproduksinya menjadi sabun untuk membersihkan jamur pada buah kentang. Siswi yang berasal dari SMA Santa Laurensia Tangerang ini pun berhasil meraih medali emas dalam International Conference of Young Scientists ke-21 di Belgrade, Serbia.

Locelyne mengaku tidak menyangka bahwa penelitiannya itu bisa memenangkan kompetisi, karena awalnya dia sempat merasa pesimis dengan saingannya dari negara lain yang memiliki alat lebih modern dan canggih daripada Indonesia.

Locelyne awalnya sempat minder karena lawannya dari Belanda. Tapi tidak disangka, ia menang. Ternyata yang dinilai bukan soal kecanggihannya, tapi soal metodologi yang simpel. Kemenangannya diperoleh berkat dukungan pembina dan orang tua.

Locelyne menjelaskan, riset sabun ekstrak batang pepaya yang sudah ditelitinya sejak satu tahun lalu itu, dapat menyelamatkan kualitas kentang yang menurun akibat tumbuhnya jamur.

Dirinya juga mengatakan, penemuannya ini dapat memanfaatkan limbah batang pepaya menjadi sesuatu yang lebih berguna, daripada sekedar dibuang. Kalau kentang sehabis panen didiamkan, maka akan tumbuh jamur. Jadi sabun tersebut bisa digunakan untuk mencuci kentang saat pasca panen, sekaligus sebagai daur limbah dari batang pepaya yang bisa jadi inovasi dari pada dibuang. [iwe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini