Swasta Maupun Negeri, Begini Tips Jitu Lolos Ujian Masuk Perguruan Tinggi

Rabu, 31 Juli 2019 15:00 Reporter : Iwan Tantomi
Swasta Maupun Negeri, Begini Tips Jitu Lolos Ujian Masuk Perguruan Tinggi © shutterstock

Merdeka.com - Selesai menempuh pendidikan di bangku SMA, bisa melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi pastinya sudah jadi cita-cita. Apalagi, perguruan tinggi sering dipersepsikan sebagai gerbang yang membuat impianmu selangkah lebih dekat. Tapi, masuk ke perguruan tinggi favorit juga penuh perjuangan.

Eits, jangan mudah menyerah. Selama ada usaha dan kemauan, apapun bisa diwujudkan kok. Beberapa tips jitu ini bisa membantu kamu agar lolos ujian masuk perguruan tinggi idaman. Penasaran?

Memaksimalkan Pemahaman Materi yang Diujikan

(c) Shutterstock

Hal pertama yang wajib dilakukan jika ingin sukses lolos ujian masuk perguruan tinggi adalah memaksimalkan pemahaman materi yang akan diujikan. Tak kenal maka tak sayang, hal ini berlaku juga buat materi ujian. Kesulitan biasanya muncul kalau kamu gagal memahami materi yang ada. Cobalah bersahabat dengan materi yang ada dengan cara lebih memahaminya supaya kamu bisa menaklukkan apapun model soalnya.

Latihan Berbagai Bank Soal

(c) Shutterstock

Belajar jangan hanya dihabiskan dengan membaca materi saja. Tingkatkan skill kamu lewat latihan mengerjakan berbagai bank soal. Latihan soal penting buat mengetes sejauh mana pendalamanmu terhadap materi yang diujikan. Jika menemukan kesulitan, mau nggak mau kamu akan kembali lagi ke materi awal untuk mendapatkan pemecahannya. Latihan soal juga efektif untuk mempersiapkan mental menghadapi berbagai model soal yang kemungkinan keluar saat ujian. Jadi, kamu bisa lebih percaya diri saat mengerjakannya di hari H ujian nanti.

Melakukan Try Out Secara Intensif

(c) Shutterstock

Setelah cukup sering mengerjakan latihan soal, kini waktunya tantang diri selangkah lebih maju lagi dengan mengerjakan tryout secara intensif. Apa bedanya dengan latihan soal biasa? Beda dong! Tryout ini bisa dibilang simulasi ujian yang memposisikan kamu seolah-olah berada di momen ujian yang sesungguhnya. Ada jumlah soal dan batasan waktu yang sama persis ketika kamu ujian masuk perguruan tinggi.

Di tengah perkembangan teknologi digital seperti sekarang ini, tryout bisa dilakukan secara online yang hasilnya akan keluar otomatis begitu kamu menyelesaikan ujian. Dengan begitu, kamu bisa mengukur kemampuan yang sebenarnya sehingga lebih tahu materi mana yang perlu lebih diperdalam lagi.

Nggak hanya tryout yang bisa dikerjakan secara online, bahkan ikutan bimbingan belajar alias bimbel pun bisa kok diakses secara online. Jadi nggak perlu datang langsung ke tempat dan masuk kelas. Kamu bisa mengakses materi bimbel di mana saja dan kapan saja. Kemudahan inilah yang berusaha diberikan oleh Ruangguru, platform penyedia layanan berbasis pendidikan terbesar di Indonesia.

Didirikan oleh milenial tanah air yang peduli dengan pendidikan di Indonesia, yaitu Belva Devara dan Iman Usman, Ruangguru kini telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna, mengelola lebih dari 150 ribu guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Bahkan, keduanya berhasil masuk ke dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun di dalam daftar Forbes 30 Under 30 untuk teknologi konsumen di Asia.

Materi Ruangguru bisa diakses di mana pun, baik itu smartphone, tablet, sampai komputer sekalipun. Apalagi kabar baiknya, di ulang tahunnya yang ke-5 ini, Ruangguru punya berbagai fitur baru yang mendukung pengalaman belajar makin seru. Penasaran?

Fitur terbaru pertama Smart Recommendation, yang digunakan untuk mendeteksi secara otomatis kelebihan dan kelemahan pelajar pengguna Ruangguru. Setelah itu, fitur ini akan bekerja untuk merekomendasikan konten yang sesuai dengan kemampuannya untuk membuat belajar jauh lebih efektif.

Selanjutnya ada fitur Ruangguru Adventure yang membuat pengguna akan memiliki avatar dan mereka bisa mengumpulkan poin dari beragam aktivitas yang ada di aplikasi tersebut. Mulai dari menonton video, mengerjakan soal, mengikuti tryout, semuanya bisa dihitung. Poin ini nanti akan diakumulasikan dan ditukarkan dengan digital items.

Nah, kalau belajar sendiri terasa membosankan, fitur terbaru lainnya bisa kamu coba nih. Lewat Social Learning, para pengguna bisa saling berkolaborasi dan berdiskusi tentang materi pelajaran langsung di aplikasi. Nggak cuma itu, pengguna juga bisa berinteraksi dengan guru lewat fitur Live Teaching atau pengajaran langsung yang bisa disaksikan di aplikasi Ruangguru.

Berbagai inovasi yang diberikan Ruangguru terbukti dapat meningkatkan prestasi penggunanya nih. Yuk, sekarang waktunya maksimalkan belajar ujian perguruan tinggi bersama Ruangguru! Cek informasi lengkapnya di sini. [wri] [tmi]

Topik berita Terkait:
  1. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini