Sudah tahu 'pasangan' pembagian kekuasaan horizontal ini?

Selasa, 19 April 2016 19:00 Reporter : Dewi Ratna
Sudah tahu 'pasangan' pembagian kekuasaan horizontal ini? Aksi demo di Kantor Kedubes Australia. ©2013 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Kamu pasti pernah mendengar tentang pembagian kekuasaan secara vertikal. Lalu, apa yang dimaksud dengan pembagian kekuasaan secara vertikal ini? Yuk sekarang kita bahas tentang bagian dari pembagian kekuasaan ini.

Pembagian kekuasaan secara vertikal adalah pembagian kekuasaan yang digolongkan menurut tingkatannya, misalnya pembagian kekuasaan antara beberapa tingkatan pemerintahan. Menurut pasal 18 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia itu dibagi menjadi daerah-daerah provinsi. Terus, daerah provinsi itu dibagi lagi jadi kabupaten dan kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten, dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah, yang diatur dengan undang-undang.

Menurut ketentuan itu, pembagian kekuasaan secara vertikal di negara Indonesia terjadi di antara pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah. Di tingkat pemerintahan daerah, pembagian kekuasaan secara vertikal yang ditentukan oleh pemerintahan pusat juga terjadi. Hubungan diantara pemerintahan provinsi dan pemerintahan kabupaten atau kota terjalin dengan adanya pembinaan dan pengawasan oleh Pemerintahan Pusat dalam banyak bidang.

Pembagian kekuasaan secara vertikal muncul sebagai bentuk tanggung jawab desentralisasi di Indonesia. Dengan asas-asas itu, pemerintah pusat memberikan hak pemerintahan ke pemerintah daerah otonom untuk mengurus dan mengatur sendiri urusan pemerintahan di daerahnya. Hal itu sudah dijelaskan dalam Pasal 18 ayat (5) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatakan bahwa Pemerintah daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya, kecuali urusan pemerintahan yang oleh undang-undang ditentukan sebagai urusan Pemerintah Pusat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan tentang apa itu pembagian kekuasaan secara vertikal, wilayahnya, dan apa buktinya yang ada di UUD? Bab tentang pembagian kekuasaan ini tentunya semakin menarik untuk dipelajari, apalagi jika bersama-sama. Jadi, selamat belajar kawan.

[iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini