Si cantik dengan banyak manfaat, bunga matahari

Rabu, 9 Maret 2016 13:00 Reporter : Dewi Ratna
Si cantik dengan banyak manfaat, bunga matahari bunga matahari. ©AFP PHOTO/Yoshikazu TSUNO

Merdeka.com - Pernahkah kamu melihat taman bunga matahari? Bunga yang satu ini memang sangat cantik dan punya keunikan tersendiri. Kali ini, Kelas Merdeka akan bahas beberapa hal tentang bunga matahari yang mungkin selama ini udah bikin kamu penasaran. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Struktur yang unik

Bunga matahari memang beda dari bunga kebanyakan. Bagian tengah bunga matahari sebenarnya terbentuk dari banyak bunga-bunga berukuran super mini yang disebut florets. Desain alami bunga matahari yang unik membuatnya berukuran cukup besar dan sangat menarik serangga dan burung. Setelah terjadi polinasi, setiap floret yang ada akan memproduksi sebuah biji.

2. Super tinggi

Batang dari tanaman bunga matahari sangat tinggi, dan bahkan bisa tumbuh sampai sekitar 8 meter, loh! Satu kuntum bunga bisa sangat lebar, bahkan ada yang diameternya sampai 30 cm. Pertumbuhan tanaman ini cepat banget. Di kondisi yang baik, bunga matahari bisa tumbuh hingga 2,4 meter dalam 6 bulan. Nggak heran, pada tahun 2012 Guinness World Record mencatat bunga matahari tertinggi di dunia yang ada di Jerman dengan tinggi 8,23 meter.

3. Banyak gunanya

Bunga yang menjadi inspirasi lukisan Vincent Van Gogh yang berjudul Sunflowers ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Biji hitam bunga matahari bisa diolah menjadi minyak bunga matahari, sementara biji bergaris-garis bisa dibuat menjadi snack. Bijinya bisa juga dijadikan makanan burung. Nggak cuma itu, bunga matahari juga bisa diolah menjadi Sunbutter yang pas untuk bahan makanan. Di Jerman, biji bunga matahari juga bisa diproses untuk membuat roti Sonnenblumenkernbrot.

Wah, ternyata bunga ini luar biasa, kan? Nggak hanya cantik, dia juga banyak manfaatnya. [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini