Seru, inilah jenis olahraga air selain berenang dan berselancar!

Rabu, 6 Juli 2016 11:00 Reporter : Dewi Ratna
Seru, inilah jenis olahraga air selain berenang dan berselancar! Balapan kano di sungai es Kanada. ©Reuters/Mathieu Belanger

Merdeka.com - Siapa bilang olahraga air hanya berenang dan berselancar? Olahraga air sangat banyak jenisnya, dan semuanya punya keseruan masing-masing. Kali ini, yuk kita belajar tentang beberapa jenis olahraga lainnya, yaitu mendayung, berlayar, bermain kano, dan juga olahraga dengan menggunakan perahu motor. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mendayung

Perahu dayung bentuknya sempit, ringan, dan juga langsing. Pendayung menggunakan dayung yang disebut oar. Tim dayung terdiri atas satu, dua, empat, atau 8 orang. Untuk tim delapan orang, terdapat satu orang tambahan yang disebut cox, yang tugasnya mengemudi perahu.

2. Berlayar

Ada berbagai jenis lomba yacht, mulai dari perahu dinghy untuk satu orang hingga kapal laut yang membutuhkan kru sebanyak 20 orang atau lebih. Lomba dapat dilakukan di laut dangkal (dekat pesisir) dan di tengah laut. Lomba perahu disebut regatta (lomba perahu layar).

3. Kano

Ada 2 jenis lomba kano, yaitu Kano Kayak dengan dayung berbilah ganda dan Kano Kanada dengan dayung berbilah tunggal, yang digunakan secara bergantian pada kedua sisi. Berkano nggak selalu dilakukan pada perairan berarus tenang. Ada juga lomba balap kano yang dilakukan pada arus liar dan berbatu, yang disebut white-water racing.

4. Olahraga dengan perahu motor

Perahu ini adalah perahu balap yang bermesin. Perahu tercepat dapat berdesing dengan kecepatan lebih dari 240 km per jam. Perahu motor juga digunakan untuk menarik pemain ski air. Pemain ski air bertarung melewati berbagai rintangan, dan mereka harus meliuk-meliuk di antara rintangan atau menunjukkan trik serta ketangkasan.

Tampaknya sangat menyenangkan kan? Kamu bisa mencoba berbagai olahraga air ini kalau sedang berwisata ke perairan. [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini