Seminar nasional UT berikan pemikiran untuk dorong semangat wirausaha

Sabtu, 11 November 2017 15:47 Reporter : Endang Saputra
Seminar di Uniersitas Terbuka. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Tantangan di era global yang modern, khususnya Teknologi Informasi (IT) kini menjadi hal mutlak dan tak bisa dihindarkan di setiap bidang, tak terkecuali wirausaha. Hal ini sebenarnya harus dilihat sebagai peluang untuk mengembangkan daya saing di pasar global.

Ketua Panitia Seminar Nasional ke-IX Rini Yayuk Priyati mengatakan terkait dengan isu tersebut Fakultas Ekonomi bekerjasama dengan Ikatan Alumni UT (IKA-UT) menggelar Seminar Nasional ke-IX tahun2017 di gedung Universitas Terbuka Conventional (UTCC) Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (11/11), dengan mengambil tema 'Entrepreneurship At Global Crossroad Challenge and Solutions".

‎"Kita persiapan untuk menggelar Seminar Nasional ke-IX ini sudah satu tahun dan ini merupakan inisiatif dari IKA-UT seminar yang berkaitan dengan Entrepreneurship ini kemudian kita fasilitasi," kata Rini Yayuk di gedung UTCC Pondok Cabe, Tangerang Banten.

Seminar Nasional ini, kata Rini merupakan seminar tahuan Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka.

"Tahun ini merupakan tahun yang spesial buat kami, karena untuk pertama kalinya kami bekerjasama dengan IKA-UT," katadia.

Adapun tema yang diangkat tahun ini, lanjut Rini bidang kewirausahaan (Entrepreneurship) menjadi determinan penting pertumbuhan ekonomi di era ekonomi global yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi dan terbukanya masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge society).

"Kondisi tersebut menuntut pelaku ekonomi yang inovatif dan dinamis. Di Asia, perkembangan kewirausahaan baik secara konseptual dan praktik mengalami perkembangan yang sangat pesat," ujarnya.

Rini berpendapat arus globalisasi dan modernisasi di segala aspek telah membentuk knowledge society dimana teknologi informasi menjadi landasan utama yang membentuk angkatan kerja berpengetahuan (knowledgable workforce),tuntutan untuk melihat pasar global, berkembangnya produksi dan distribusi yang tidak dibatasi oleh batas negara.

"Pada seminar ini akan dikaji secara lebih luas dan mendalam mengenia berbagai konsep, solusi dan pemikiran agar dapat dijadikan referensi dalam mendorong semangat berwirausaha masyarakat Indonesia untuk dapat menggerakan perekonomia negara secara mandiri," kata dia.

Menurutnya ada sebanyak 106 makalah dalam seminar ini dan berharap semua pemikiran dan hasil diskusi yang disajikan akan memberikan masukan bagi akademisi, pratisi,bahkan pengambil kebijakan yang berkaitan dengan kewirausahaan dan ekonomi kreatif.

"Dengan seminar ini harapan kita memberikan dorongan kepada mahasiswa UT, karena kita melihatnya tidak dari sisi kreatifitasnya tapi dari pendidikan kreatifitas juga dan Entrepreneurship," katanya [hrs]

Topik berita Terkait:
  1. Pendidikan
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.