Respon pesatnya perubahan sosial, UT gelar seminar nasional

Kamis, 16 November 2017 17:19 Reporter : Rizlia Khairun Nisa
Seminar di UT. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Universitas Terbuka menggelar seminar nasional dengan mengangkat tema 'Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi yang Beretika dan Demokratis' di Universitas Terbuka Convention Center, Banten, pada Kamis (16/11).

Pemilihan tema ini bertujuan untuk merespon pesatnya perubahan sosial yang merupakan efek dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Menurut Pembantu Rektor 1 Universitas Terbuka Mohamad Yunus mewakili Rektor UT, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara tidak disadari telah membuka kotak pandora. Di mana telah muncul bentuk-bentuk kehidupan baru yang bersifat artifisial atau maya.

Munculnya bentuk-bentuk kehidupan baru tersebut, lanjut Yunus akan memunculkan berbagai isu baru yang harus menjadi fokus bagi dunia akademik, salah satunya melalui seminar nasional Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Politik (FHISIP) UT 2017 ini.

"Hadirnya masyarakat informasi yang ditopang oleh perkembangan teknologi dan informasi telah menciptakan tantangan bagi dunia akademik untuk mengkaji dan mencari solusi," ujar Yunus

Meskipun masyarakat mampu menciptakan model kehidupan yang bersifat artifisial, kata Yunus, hal ini dapat memunculkan perilaku cybercrime, cyberviolence, cyberporn, dan cyberanarchy.

Dalam seminar ini hadir pula sosiolog Thamrin Amal Tomagola dan Dosen Sekolah Tinggi Teologi Martin Lukito Sinaga.

[hrs]

Topik berita Terkait:
  1. Pendidikan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini