Mengenal diskusi panel dan orang-orang yang terlibat di dalamnya

Senin, 30 Mei 2016 11:30 Reporter : Dewi Ratna
Mengenal diskusi panel dan orang-orang yang terlibat di dalamnya Diskusi artis dan seniman berpolitik. ©2016 merdeka.com/marselinus gual

Merdeka.com - Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan sebuah diskusi panel? Diskusi panel sebenarnya adalah salah satu jenis diskusi, yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk membahas suatu topik yang menjadi perhatian umum di depan umum, bisa pendengar (melalui radio) atau penonton (melalui TV). Publik diberi kesempatan untuk bertanya atau memberikan pendapat. Dalam diskusi panel, harus ada masalah yang menjadi bahan diskusi. Setelah melakukan diskusi panel, harapannya akan ada masukan atau solusi untuk masalah yang di bahas.

Personel yang harus ada dalam diskusi panel adalah:

1. Moderator

Tugas moderator memimpin jalannya diskusi dan menyampaikan permasalahan yang diangkat dalam diskusi. Moderator yang handal juga akan bisa menengahi saat ada perbedaan pendapat dalam diskusi.

2. Narasumber

Narasumber dapat diambil dari berbagai kalangan. Kalau kamu ingin membahas tentang masalah politik, kamu juga bisa mengundang pejabat yang sesuai dengan bidangnya. Kamu juga bisa mengundang tokoh masyarakat, wartawan, dan orang yang ahli di suatu bidang untuk menjadi narasumber.

3. Penonton atau pendengar

Penonton atau pendengar akan menyampaikan berbagai pertanyaan dan tanggapan dari pembicaraan narasumber. Adanya penonton akan membuat diskusi jadi semakin bermakna.

Ada urutan pasti untuk sebuah diskusi panel. Acara ini dibuka moderator yang kemudian memperkenalkan para narasumber. Kemudian, ia mengutarakan masalah yang diangkat dalam diskusi panel. Setelah penyampaian masalah, biasanya akan muncul dialog dari para panelis. Moderator mengatur lalu lintas pembicaraan termasuk mempersilakan pendengar atau penonton mengajukan pertanyaan. Pada akhir diskusi, moderator membuat kesimpulan.

Cukup mudah kan memahami susunan acara sebuah diskusi panel? Kamu bisa berlatih melakukan diskusi panel ini dengan teman-temanmu di kelas. Selamat mencoba melakukannya! [iwe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini