KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Gunadarma masuk babak final di ajang kompetisi Slashroot CTF

Kamis, 15 Juni 2017 16:17 Reporter : Endang Saputra
Slashroot CTF. ©2017 Merdeka.com/slashrootctf.id

Merdeka.com - Untuk menunjukkan taring dan jati dari Universitas Gunadarma (UG) memasuki babak final dalam kompetisi Slashroot Capture The Plag atau CTF yang digelar STIKOM Bali pada tanggal 10 Juni sampai dengan 11 Juni 2017.

Capture The Flag atau CTF adalah serangkaian kegiatan di mana setiap peserta diberikan sebuah tantangan dengan tujuan utama untuk mendapatkan flag. Setiap tantangan memiliki bobot poin yang berbeda-beda tergantung dari tantangan itu sendiri.

Salah satu anggota tim pemuda Al-Fath Universitas Gunadarma Jurusan Teknik Informatika, Ravi Dharmawan (19), mengatakan dalam kompetisi yang digelar oleh STIKOM Bali itu ada beberapa kategori dan diikuti oleh 48 tim.

"Jadi di Slashroot CTF kemarin terdapat banyak kategori di antaranya forensic, reverse engineering, yang intinya mencari kelemahan suatu program executable dengan cara melakukan reverse engineering (membongkar program) terlebih dahulu. Setelah kelemahan suatu program ditemukan, harus bisa merancang exploit yang tepat untuk mendapatkan point, web hacking, networking dan game," kata Ravi

"Menurut saya untuk bisa menyelesaikan soal-soal CTF kemarin benar-benar harus mengerti konsep dari IT Security bukan hanya menggunakan tools," dia menambahkan.

Tim pemuda Al-Fath yang terdiri dari 3 orang, dikatakan Ravi, tidak patah semangat walaupun soal-soal yang diberikan begitu sulit dan menguras tenaga dan pikiran.

"Di Slashroot CTF kemarin saya dan tim mengerjakan soal hampir larut malam karena tingkat kesulitan tiap soal berbeda. Soal-soal yang ada cukup menantang dan menambah pengetahuan dan pengalaman khususnya di bidang IT security," ucap dia.

universitas gunadarma ©2017 Merdeka.com



Dengan demikian, kata mahasiswa semester 4 ini, untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemenang pihak panitia akan menggelar kompetisi tersebut pada tanggal 23 Juli di STIKOM Bali.‎

"Harapan saya dan tim semoga bisa menang dan bersaing dengan finalis lainnya, semoga kami mendapat yang terbaik, tanggal 23 juli akan masuk babak final dan ada 20 tim yang akan mengikutinya," katanya.

Diketahui, SlashRoot CTF adalah event tahunan dan satu-satunya yang diadakan dari Bali yang terbuka untuk mahasiswa/pelajar umum diseluruh Indonesia.

Mensponsori event ini akan sangat membantu berjuang dalam mengedepankan kesadaran akan keamanan informasi dan hacking yang beretika (ethical hacking) melalui permainan hacking yang kompetitif (CTF) di Indonesia. [ibs]

Topik berita Terkait:
  1. Universitas Gunadarma
  2. Highlight

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.