Ada 'mitos' unik mahasiswa jurusan tari di ISBI Bandung

Jumat, 29 April 2016 08:47 Reporter : Iman Herdiana
Ada 'mitos' unik mahasiswa jurusan tari di ISBI Bandung jurusan tari ISBI Bandung. ©2016 Merdeka.com/iman

Merdeka.com - Kuliah di jurusan seni tari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung sepintas terkesan menyenangkan. Di pikiran banyak orang, kuliah ini begitu asyik karena selalu diwarnai dengan musik dan tarian.

Meski terkesan asyik, namun di balik itu semua ada mitos diyakini para mahasiswa ISBI. Bukan mitos terkait klenik. Mereka justru meyakini bahwa libur dalam perkuliahan merupakan suatu mitos.

Padatnya kuliah dan latihan tari di kampus wilayah Jalan Buah Batu, Bandung, itu membuat para mahasiswa harus mempersiapkan tenaga ekstra. Seperti diceritakan Angges Jauhari, mahasiswi jurusan seni tari semester IV.

Dia menuturkan, jadwal kuliah seni tari di ISBI Bandung sangat padat. Biasanya kuliah dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Setelah itu, disambung dengan latihan yang bisa berlangsung hingga dini hari.

Esoknya, sambung dia, harus kembali menjalani kuliah dan latihan dengan porsi waktu sama. "Makanya bagi mahasiswa ISBI Bandung libur itu seperti mitos," kata Angges, saat berbincang dengan merdeka.com.

Akibat sulitnya libur, banyak temannya memutuskan keluar dari kuliah. Mereka, kata Angges, juga tidak kuat mengikuti pelbagai perkuliahan maupun latihan tari. "Ada beberapa teman yang tidak kuat akhirnya mundur (keluar kuliah)," ungkap dara kelahiran Cianjur itu.

Maka bagi Kamu yang mencari jurusan kuliah yang tepat, mungkin jurusan tari bisa menjadi pilihan. Tapi jangan salah, jurusan tari tidak seindah yang dibayangkan.

Menurut Angges, gerakan-gerakan tari yang luwes dan gemulai tidak lepas dari latihan panjang dan melelahkan. "Kalau yang nggak suka bakalan jenuh nantinya," katanya.

Bagaimana agar bisa bertahan di jurusan seni tari? Bagi Angges yang penting semangat dan mencintai seni tari. Kemudian pandai-pandailah bergaul di lingkungan seni tari. "Dengan begitu kita akan enjoy," terangnya.

Rekan Angges di jurusan seni tari, Anis Harliani, setuju jika di ISBI Bandung libur seperti mitos. Selama kuliah, mahasiswa harus berlatih keras dan mandiri. "Kalau enggak gitu kita rugi. Jadi hari libur memang seperti mitos bagi kita," ujar Anis. [ang]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini