7 Hak pemerintah daerah yang 'wajib banget' kamu tahu

Kamis, 21 April 2016 19:00 Reporter : Dewi Ratna
7 Hak pemerintah daerah yang 'wajib banget' kamu tahu Ahok dan DPRD di Kemendagri. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Pernahkah kamu mendengar tentang otonomi daerah? Otonomi daerah adalah kekuasaan untuk melakukan politik di daerah tertentu yang diberikan oleh pemerintahan pusat untuk pemerintahan daerah. Otonomi daerah ini biasanya memiliki semua kekuasaan politik untuk bisa melakukan pemerintahannya, namun ada juga beberapa hak yang tidak diberikan, misalnya kekuasaan politik luar negeri. Ada beberapa hak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah. Berikut ini adalah beberapa hak pokok yang harus kamu tahu:

  1. Mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan di daerahnya. Ini berarti, pemerintahan daerah harus mengurusi segala sesuatunya sendiri.
  2. Memilih pemimpin daerah. Pemilihan pimpinan daerah ini dilakukan secara langsung oleh rakyat dalam pemilu.
  3. Mengelola aparatur daerah. Tentunya daerah memiliki harta property sendiri yang harus dijaga. Nah, tugas pemerintah daerahlah untuk mengurusi property ini.
  4. Mengelola kekayaan daerah. Setiap daerah tentunya punya kekayaannya tersendiri, baik itu Sumber daya manusia atau sumber daya alam. Pemerintah daerah harus membuat kekayaannya menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi negara.
  5. Memungut pajak daerah dan retribusi daerah. Pemungutan pajak ini dilakukan untuk membangun atau memperbaiki fasilitas publik yang ada di daerah tersebut, tapi ada juga yang digunakan untuk negara.
  6. Mendapatkan sumber-sumber pendapatan lain yang sah. Sumber-sumber ini bisa digunakan selama masih ada dalam wilayah kekuasaan pemerintah daerah tersebut.
  7. Mendapatkan hak lainnya yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Meskipun daerah, pemerintah daerah juga berhak untuk mendapatkan haknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang sudah diatur.

Nah, itu tadi adalah 7 hak pemerintah daerah yang harus kamu tahu. Kenapa? Tentunya agar kamu mengerti perbedaannya dengan pemerintah pusat. Menarik kan?

[iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini