4 Hal yang harus ada dalam pemerintahan terbuka menurut 2 ahli

Rabu, 6 Juli 2016 10:00 Reporter : Dewi Ratna
4 Hal yang harus ada dalam pemerintahan terbuka menurut 2 ahli Demo setahun pemerintahan Jokowi-Jk di Malang. ©2015 merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Arti keterbukaan dan keadilan tentunya sudah menjadi bagian penting dari sistem pemerintahan. Ada beberapa orang yang mengatakan pendapatnya tentang apa saja yang seharusnya dimiliki oleh pemerintahan terbuka yang memberikan transparansi dalam pelaksanaannya. Beberapa di antara para ahli itu adalah David Beetham dan Kevin Boyle. Menurut mereka, setidaknya ada 4 ciri yang harus ada dalam pemerintahan terbuka, yaitu:

  1. Pemerintah memiliki fasilitas yang bisa menyediakan berbagai macam informasi tentang kebijakan-kebijakan yang akan dan sudah dibuat. Informasi itu meliputi dasar-dasar yang mendukung kebijakan yang sudah ditentukan, efek yang akan muncul dari kebijakan itu, biaya dari sisi ekonomi, sosial dan politik yang akan muncul dan yang lainnya.
  2. Adanya kemungkinan bagi masyarakat umum dan pers untuk bisa mendapat dan mengakses berbagai macam dokumen pemerintah. Akses itu bisa dilakukan secara langsung ataupun nggak langsung. Akses itu juga meliputi segala macam arsip tentang orang-orang yang menjabat di bangku pemerintahan.
  3. Rapat-rapat yang dilakukan oleh pemerintah harus bisa terbuka untuk masyarakat umum dan pers. Hal ini juga termasuk rapat parlemen, notulen rapat lembaga pemerintahan dan rapat pemerintah daerah.
  4. Menyediakan konsultasi publik yang dilakukan secara sistematik. Konsultasi pubik itu terkait dengan perumusan dan pelaksanaan kebijakan yang akan diterapkan.


Hal itu juga termasuk dalam penyebaran tentang informasi dan nasehat yang diterima oleh pemerintah. Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang 4 hal yang harus ada dalam pemerintahan yang terbuka menurut David Beetham dan Kevin Boyle. Selain ini, tentu saja masih ada pendapat lain yang menyatakan tentang pemerintahan terbuka, tapi pendapat dari dua ahli ini nggak salah kan? [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini