3 Alasan pentingnya keterbukaan dalam sistem pemerintahan

Selasa, 5 Juli 2016 08:00 Reporter : Dewi Ratna
3 Alasan pentingnya keterbukaan dalam sistem pemerintahan Aksi mendukung pemerintahan Jokowi di HI. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Sikap keterbukaan dan keadilan adalah salah satu komponen yang penting yang ada dalam sistem pemerintahan negara Indonesia. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, keterbukaan ini mengharuskan adanya pelaksanaan pemerintahan yang dilakukan secara transparan sehingga masyarakat bisa melihat secara langsung. Hal ini sejalan dengan beberapa alasan tentang pentingnya sikap keterbukaan, yaitu:

  1. Kekuasaan biasanya sering disalahgunakan. Semakin besar kekuasaan, semakin besar juga kemungkinan terjadinya penyalahgunaan kekuasaan. Biasanya, penyelewengan kekuasaan ini terjadi dan semakin menyebar kalau nggak ada transparansi atau keterbukaan di dalam pelaksanaan pemerintahan. Itulah yang menjadikan negara-negara demokratis mengatakan kalau keterbukaan adalah hal yang sangat penting dalam pelaksanaan pemerintahan.
  2. Dasar pelaksanaan pemerintahan di negara demokratis adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. karena hal itulah, posisi pemerintah di negara demokratis sebenarnya aalah pihak yang sudah dipilih oleh rakyat untuk membuat rakyat menjadi sejahtera. Hal itu menyebabkan munculnya berbagai aturan yang mengusahakan munculnya keterbukaan dalam pelaksanaan pemerintahan. Itu dilakukan dengan tujuan untuk menjamin kalau jalannya pemerintahan selalu ada di jalan yang benar.
  3. Keterbukaan menjadikan adanya kemungkinan adanya akses kebebasan untuk setiap warga negara kepada beragam sumber informasi. Hal itu menjadikan warga negara semakin memiliki pengetahuan yang jernih tentang semua hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pemerintahan. Dengan pengetahuan itu, warga negara bisa ikut berperan serta dalam penentuan agenda publik.


Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang 3 hal yang sejalan dengan sikap keterbukaan di Indonesia. Hal ini tentu penting untuk bisa kamu pahami supaya kita juga bisa ikut serta dalam sistem pemerintahan negara dengan efektif. Tertarik untuk bisa mempelajarinya lebih lanjut?

[iwe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini