Malik Haramain: Pilkada lewat DPRD menyuburkan politik oligarki!

Reporter : Muhammad Sholeh | Senin, 8 September 2014 15:06




Malik Haramain: Pilkada lewat DPRD menyuburkan politik oligarki!
Abdul Malik Haramain. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan salah satu partai pendukung pasangan Jokowi-JK, yang terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. Tidak beda dengan PDIP, PKB sepakat agar mekanisme pemilihan kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat.

Wasekjen PKB Abdul Malik Haramain mengatakan, bukan tanpa sebab partainya kukuh agar Pilkada tetap langsung dipilih rakyat. Menurut dia, hasil dari Pilkada langsung lebih demokratis dibandingkan via DPRD.

"PKB sendiri langsung. Hasil pilkada langsung lebih demokratis," kata Malik saat dihubungi, Jakarta, Senin (8/9).

Untuk menyiasati besarnya anggaran, menurut Malik, bisa dilakukan dengan penyelenggaraan Pilkada secara serentak. Tetapi tetap mekanismenya langsung dipilih oleh rakyat.

Selanjutnya, tambah dia, pilkada via DPRD dapat memberikan celah suburnya politik dinasti. Yang mana antara kepala daerah hanya terikat kontrak dengan DPRD yang mendukung dan mencalonkannya.

"Ini merampas kedaulatan rakyat, menyuburkan politik oligarki. Komunikasi kepala daerah dengan rakyat tidak ada," jelasnya.

Anggota Komisi II DPR itu menambahkan, RUU Pilkada itu masih dibahas di internal komisi dan fraksi dengan sejumlah pasal-pasal yang krusial. Baru kemudian pada tanggal 20 September besok akan dibawa ke dalam sidang paripurna.

"Rapat terakhir mengerucut ke dua. Langsung, tidak langsung. Minggu ini panja belum putus ke paripurna," tandasnya.

[cob]



Komentar Anda


MOST POPULAR

Back to the top
LATEST UPDATE

{POPUP_EXIT}