Otto Hahn

Foto:

Otto Hahn


Nama Lengkap : Otto Hahn

Alias : No Alias

Profesi : Ilmuwan

Tempat Lahir : Frankfurt, Jerman

Tanggal Lahir : Kamis, 8 Maret 1979

Zodiac : Pisces

Warga Negara : Jerman


No Relation
BIOGRAFI

Otto Hahn merupakan pemenang Nobel Prize Kimia tahun 1944. Ia berasal dari Frankfurt, Jerman. Tujuan utamanya mempelajari kimia adalah untuk bekalnya bekerja di dunia perindustrian.

Tahun 1904, ia hijrah ke Inggris dan bekerja untuk meneliti senyawa-senyawa kimia bersama Sir William Ramsay. Salah satu unsur yang ia identifikasi ialah radiothorium yang merupakan unsur ke 228 dalam susunan senyawa zat kimia. 

Setahun setelahnya, ia kembali ke Jerman untuk bekerja sama dengan Ernest Rutherford. Di tempat yang sam pula ia bertemu dengan Lisa Meitner. Ketiganya bekerja sama selam 30 tahun meneliti dan menemukan senyawa kimia baru, yaitu protaktinium. Tahun 1938, Hahn berbicara bahwa penembakan uranium yang menggunakan neutron dapat menghasilkan barium. Gejala ini merupakan isi fisi dari inti uranium. Meitner membuktikan kebenaran akan hal itu.

Di tahun 1944, Hahn mendapatkan Nobel Prize kategori Kimia. Dan sebagai balasan untuk menghormatinya, unsur ke 105 dalam susunan senyawa kimia dinamai dengan hahnium.

Riset dan analisa oleh Dyanara Putri

PENGHARGAAN

Penghargaan yang Pernah Diperoleh:

Nobel Prize Kimia, 1944

 
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
    Data Kosong

Sebelumnya