Mitsubishi Xpander 'Nikmati' Tujuh Ruas Baru Tol Trans Jawa

Jumat, 21 Desember 2018 08:48 Reporter : Syakur Usman
Mitsubishi Xpander 'Nikmati' Tujuh Ruas Baru Tol Trans Jawa Ekspedisi tol transjawa 2018. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Jokowi meresmikan tujuh ruas baru jalan tol TransJawa pada Kamis (20/12). Salah satu lokasi peresmian dilakukan di Jembatan Kalikuto, ruas Batang-Semarang.

Empat ruas tol berada di Jawa Timur, sedangkan tiga lagi di Jawa Tengah. Keempat ruas tol di Jawa Timur terdiri dari Ngawi-Kertosono (segmen Wilangan-Kertosono), Jombang-Kertosono (seksi Bandar-Kertosono), Gempol-Pasuruan (Pasuruan-Grati), dan Surabaya-Gempol (relokasi Porong-Gempol). Total ruas tol tersebut sepanjang 59 kilometer.

Sementara tiga ruas tol Jawa Tengah adalah Pemalang-Batang (segmen Simpang Susun Pemalang-Pasekaran), Batang-Semarang (Pasekaran-Simpang Susun Krapyak), dan Semarang-Solo (Salatiga-Kartasura) dengan total panjang 142 kilometer. Peresmian tujuh ruas baru tol TransJawa tersebut membuat kota Jakarta tersambung dengan jalan tol hingga ke Surabaya.

Peresmian tujuh ruas baru di tol Trans Jawa membuat kota Merak di Banten terhubung hingga ke Surabaya, Jawa Timur dengan jalan tol.

Menariknya, peresmian ini tidak dilakukan secara konvensional. Tapi dibungkus menarik dengan aktivitas bertajuk "Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa" bersama badan usaha milik negara (BUMN) dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Ya, asosiasi pabrikan mobil di Tanah Air ini berpartisipasi dengan membawa mobil dari merek milik para anggotanya untuk menjajal ruas baru tersebut. Menurut informasi yang diterima Merdeka.com, jumlah anggota Gaikindo yang turut dalam ekspedisi ini sebanyak 37 kendaraan, terdiri dari merek Mitsubishi, Daihatsu, Honda, Suzuki, Hyundai, Nissan-Datsun, dan DSFK.

Mobil Mitsubishi berpartisipasi berkat PT Mitsubishi Motors Krama Yudaha Sales Indonesia (MMKSI), agen pemegang merek mobil penumpang Mitsubishi di Indonesia. Total lima mobil yang digunakan dalam ekspedisi ini, yakni dua unit Pajero Sport; Dakar Ultimate 4x2 AT
dan Dakar 4x2 AT, dan tiga unit Xpander; Ultimate AT, Sport AT, dan Xpander Exceed AT.

Merdeka.com mengendarai Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate bertransmisi otomatis saat menembus ruas baru tersebut. Total ekspedisi tembus tol Trans Jawa ini sendiri lebih dari 200 kilometer, dengan start di Surabaya, Jawa Timur.

Ekspedisi tol transjawa 2018 2018 Merdeka.com

Jerry Amran, Head of Media Relations Section PT MMKSI, yang turut serta dalam ekspedisi ini, mengatakan pihaknya menyambut baik upaya pemerintah dalam upaya mendoromg ekomoni dan industri dalam tol Trans Jawa ini, yang menghubungkan Merak hingga Surabaya.

"Kami bersama Gaikindo diberikan kesempatan untuk mencoba tol Trans Jawa, yang dilakukan bersama rombongan Presiden Joko Widodo dengan lima unit mobil Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport, sekaligus menjajal rute mulai dari Surabaya dan berakhir di Jembatan Kalikuto, Kendal (Jawa Tengah)," ujar Jerry.

Mitsubishi Motors Indonesia memberi perhatian khusus pada model Xpander dalam ekspedisi ini. Maklum saja, mobil small multipurpose vehicle (MPV) ini merupakan andalannya sejak diluncurkan pada Agustus 2017.

Berkat Xpander yang menjadi kompetitor tangguh Toyota Avanza, penjualan Mitsubishi Indonesia melejit 91,7 persen menjadi 133.966 unit pada Januari-November tahun ini dibandinggkan periode sama tahun lalu.

Oya, per semester pertama tahun ini, total penjualan Xpander 39.948 unit berdasarkan data wholesales Gaikindo. Lebih tinggi dari Toyota Avanza, sang penguasa segmen low MPV di Indonesia, yang hanya mencapai 39.455 unit. [sya]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini