Wuling Cortez CT Type S Incar Pasar Low MPV, Klub Cortezian Indonesia Angkat Bicara

Jumat, 24 Juli 2020 11:44 Reporter : Syakur Usman
Wuling Cortez CT Type S Incar Pasar Low MPV, Klub Cortezian Indonesia Angkat Bicara Cortezian Indonesia, komunitas mobil Wuling Cortez di Indonesia. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Wuling Motors merilis varian baru mobil medium MPV Cortez CT Type S, kemarin. Menariknya, varian baru ini justru berada di level paling bawah alias entry level medium MPV.

Cortez CT Type S memiliki dua trim, yakni transmisi manual Rp 209 juta (on the road Jakarta) dan transmisi CVT-captain seat Rp 233 juta.

Varian terbawah ini melengkapi varian Cortez lainnya, seperti Type C transmisi manual (MT) seharga Rp 238,5 juta, Type C CVT Rp 255,5 juta, dan Type L CVT Rp 290 juta.

Dengan bermain ke bawah, Cortez tampaknya ingin turun kelas dan mengincar pasar low MPV, yang dikuasai Toyota Avanza. Kompensasi dari turun kelas itu, Wuling Cortez CT Type S terpaksa 'menghilangkan' belasan fitur supaya harga jualnya mulai Rp 200 jutaan.

Merdeka.com mencatat ada 19 fitur medium MPV yang hilang di Cortez CT Type S.

Apa pandangan komunitas Cortezian Indonesia (CI) terhadap peluncuran Cortez CT Type S?

Sutomo Sembodo, Wakil Ketua CI, berpendapat dari sisi harga jual, varian terbawah Cortez CT ini ingin menyasar segmen low MPV. Namun, pria yang akrab disapa Sembodo ini mengaku penghilangan 19 fitur yang ada di varian sebelum CT Type S masih sesuai dengan harga jualnya yang Rp 200 jutaan.

"Pengurangan fitur-fitur itu masih worth it (setimpal), karena mesinnya tetap turbo dengan kenyamanan dan kabin yang lapang," ujar Sembodo pada Merdeka.com, Jumat (24/7).

Menurutnya, Cortez CT Type S menjadi mobil medium MPV yang dapat diandalkan (realiable) dan berharga (valuable) bagi pengguna low MPV. Karena harga jualnya setara dengan low MPV.

Kali ini strategi Wuling Indonesia sangat tepat dengan memperlebar pasar mobil medium MPV-nya. Pasalnya, kustomer akan mendapatkan keuntungan, dengan bujet low MPV, tapi bisa menikmati kenyamanan dan fitur-fitur medium MPV. Bakal banyak kustomer low MPV tergoda untuk memiliki Cortez CT Type S ini.

"Bagi pengguna low MPV yang ingin naik kelas ke medium MPV, Cortez CT Type S pilihan paling tepat. Mereka akan merasakan kenyamanan medium MPV yang tidak didapat di low MPV," pungkasnya.

1 dari 1 halaman

MPV Rp 200 Jutaan dengan Mesin Turbo

komunitas cortezian indonesia donasi seribu masker dan paket sembako di bekasi

©2020 Merdeka.com

Teddy Ichsan Arifin, Ketua Bidang Humas dan Komunikasi CI, menambahkan Cortez CT Type S menarik, karena mobil keluarga Rp 200 jutaan yang menawarkan performa mesin turbo dengan sensasi transmisi manual.

Ini paket yang sangat menarik untuk mengganggu merek-merek yang dominan di pasar low MPV, seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, dan sebagainya.

"Harga jual Rp 209 juta sih luar biasa untuk MPV yng berkualitas dengan baris ketiga yang nyaman," katanya.

Soal penghilangan fitur-fitur hingga belasan, Teddy memakluminya karena beberapa fitur hanya ada di varian mewah Cortez, yakni Cortez CT Type L CVT, seperti fitur sunroof.

"Wuling tampaknya fokus ke mesin 1.500 cc turbo di semua level Cortez," ucapnya. 

[sya]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini