Trik mengenali kinerja mesin melalui busi berjelaga

Rabu, 18 Maret 2015 07:00 Sumber :
Busi Berjelaga (photobucket)

Merdeka.com - Otosia.com -

Mengetahui kondisi kendaraan Anda memang sangat diperlukan. Tujuannya sekalian agar tidak sampai telat dalam melakukan servis sekaligus hati-hati jika memang terlihat mesin sudah mulai kurang sehat. Salah satu cara mudah untuk mengetahuinya, bisa melihatnya dari warna kepala busi.

Jika Anda menemukan busi yang sudah berwarna hitam kering pada sisi kepalanya, berarti itu tanda bahwa mesin Anda cukup boros bahan bakar. Warna hitam itu muncul karena jelaga hasil pembakaran bahan bakar yang kurang sempurna. Lalu sebagai korbannya, jelaga akan menempel pada kepala busi. Biasanya kerap mengganggu sistem pengapian.

Ada banyak penyebabnya, salah satunya karena campuran pembakaran terlalu gemuk. Hal ini bisa disebabkan jika campuran udara dan udara di radiator kurang seimbang. Awalnya memang banyak disebabkan dari settingan karburator yang kurang tepat.

Kalau klep dibuka terlalu lebar, atau malah terlalu sempit. Pada intinya, pengapian di ruang bakar yang ditunjang campuran udara dan bahan bakar dari karburator harus pas. Api yang terlalu besar juga malah menambah jelaga di busi ini.

(kpl/sdi)


Sumber: Otosia.com
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.