Transaksi Mobil Bekas di Platform OLX Autos Tembus US$ 1 Miliar

Rabu, 25 Agustus 2021 17:04 Reporter : Syakur Usman
Transaksi Mobil Bekas di Platform OLX Autos Tembus US$ 1 Miliar OLX Autos Indonesia. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - OLX Group melaporkan nilai transaksi mobil bekas di platform digital OLX Autos tembus US$ 1 miliar, sejak hadir pada Januari 2020. Setiap bulan, sekitar 500 ribu unit mobil terdaftar untuk dijual oleh konsumen dan diler di platform iklan baris OLX Autos di India, Indonesia, dan Amerika Latin.

Pertumbuhan cepat ini terjadi berkat solusi layanan offline dan online terintegrasi kepada penjual, pembeli, dan diler.

Gautam Thakar, CEO OLX Autos, mengatakan dengan menyatukan layanan offline dan online dalam pengalaman pelanggan, OLX Autos menjadikan proses transaksi mobil menjadi mudah, sederhana, serta mampu menghadirkan kepercayaan dan ketenangan pikiran penggunanya. OLX Autos juga berinovasi dengan memberikan pengalaman bertransaksi kepada pelanggan kala pandemi Covid-19 dengan mengembangkan teknologi yang memungkinkan pelanggan mendapat layanan dari rumah dan melakukan inspeksi mandiri.

Dengan cara ini, pelanggan yang ingin menjual mobilnya cukup menggunakan smartphone untuk mengambil data mobil, mengambil foto, mengunggah video, dan merekam suara mesin serta mendapatkan penilaian yang wajar dengan nyaman di rumah mereka sendiri.

“Inti dari apa yang kami lakukan adalah berinovasi untuk memecahkan masalah pelanggan. Kami akan terus menemukan lebih banyak cara untuk membuat proses transaksi mobil menjadi senyaman mungkin. Kami juga memperkenalkan home inspection selama pandemi sehingga membantu pelanggan kami yang ingin bertransaksi selama masa pembatasan yang terjadi di berbagai wilayah. Kami juga menggunakan data, teknologi, dan kecerdasan buatan/artificial intelligence untuk memberikan harga mobil yang wajar kepada penjual, sambil menawarkan asuransi dan jaminan kepada pembeli untuk memberikan ketenangan pikiran selama proses transaksi,” ujar Thakar dalam rilisnya, kemarin.

Melalui OLX Autos, penjual mobil akan mendapat keuntungan dari akses penilaian gratis melalui proses inspeksi mobil baik lewat home inspection maupun di 450 inspection center resmi OLX Autos. Setelah itu, mobil penjual akan mendapat penawaran yang sesuai dengan harga pasar secara realtime. Kemudian OLX Autos memberikan jaminan pembayaran langsung setelah seluruh proses selesai dilakukan.

Sementara dari sisi pembeli, OLX Autos menawarkan jaminan berbagai mobil berkualitas yang sudah diinspeksi serta ada pilihan untuk membeli mobil “OLX Autos Certified” secara langsung dari platform iklan baris OLX. Juga tersedia pasokan mobil bekas berkualitas dengan harga yang wajar untuk dealer mobil rekanan.

Sementara, OLX Autos Indonesia optimistis permintaan mobil bekas perusahaan pada tahun ini tetap tumbuh. Hal ini didorong tingginya minat konsumen mobil bekas di Tanah Air. Berdasarkan riset OLX Autos Indonesia, pasar mobil bekas di Indonesia punya tren positif meski dipengaruhi dampak pandemi Covid-19.

Permintaan mobil bekas masih tinggi, karena mobil pribadi dinilai menjadi moda transportasi paling aman di masa pandemi. Buktinya, ada peningkatan permintaan pada kategori mobil bekas 15-20 persen selama masa pandemi.

CEO OLX Group Indonesia Johnny Widodo menjelaskan kala pandemi OLX Autos tetap aktif melakukan ekspansi di berbagai wilayah guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang lebih luas lagi. Salah satu ekspansinya, menambah store OLX Autos Jual-Beli-Tukar Tambah di berbagai wilayah. Selama satu tahun lebih hadir di Indonesia, total store OLX Autos Jual-Beli-Tukar Tambah mencapai 6 store, sehingga total store OLX Autos mencapai 46 store (termasuk OLX Autos Authorized Dealer). Penambahan store masih akan dilakukan seiring dengan meningkatnya tren permintaan mobil bekas di Tanah Air. [sya]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini