Toyota ingin 'caplok' Daihatsu sampai habis!

Kamis, 28 Januari 2016 17:31 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Toyota ingin 'caplok' Daihatsu sampai habis! Toyota dan Daihatsu. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Toyota baru-baru ini telah mengungkapkan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan untuk mengambil kontrol penuh pada Daihatsu dengan kesepakatan potensial senilai USD 3.100.000.000 atau setara dengan Rp 43 Triliun.

Saat ini, Toyota memegang kendali saham sebesar 51,2 persen atas Daihatsu. Pada tahun 2015, mereka mengalami penurunan dalam jumlah penjualan dengan 13,3 persen. Meski begitu, dilaporkan bahwa raksasa Jepang tersbeut tertarik untuk membeli sisa saham untuk meningkatkan permintaan produksi. Khususnya di pasar India dan beberapa negara lainnya.

"Kami terus mempertimbangkan sejumlah kemungkinan yang berkaitan dengan Daihatsu, seperti kemitraan atau restrukturisasai bisnis. Termasuk membuat anak perusahaan," ujar juru bicara Toyota seperti yang dikutip dari Carscoops (28/1).

Menurut Christopher Richter, analisis senior di CLSA mengatakan, "Saya dengan mudah melihat bahwa Daihatsu nantinya akan bernasib sama dengan Datsun yang digunakan sebagai merek murah oleh Nissan." [ega]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini