Toyota Calya rebut hati konsumen Yogyakarta

Kamis, 15 September 2016 22:08 Reporter : Syakur Usman
Toyota Calya rebut hati konsumen Yogyakarta Toyota Calya. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Selain kota Jakarta atau Jabodetabek, ternyata pasar All New Calya yang besar ada di Yogyakarta. Saat ini Jabodetabek berkontribusi 35 persen terhadap penjualan mobil entry level MPV ini yang mencapai 16.000 unit di Agustus lalu.

"Jawa Tengah berkontribusi 10 persen, Jawa Timur juga 10 persen," ujar Anton Jimmy, Executive General Manager PT Toyota-Astra Mitor, di sela media test drive All New Calya di Semarang, Rabu (14/9).

Analisis Anton, pasar Yogyakarta berkontribusi signifikan terhadap penjualan Calya, sebab bisnis pariwisata di Kota Gudeg ini terus berkembang. Namun, secara umum pasar Jawa memang kuat untuk produk Calya.

"Untuk marketing Calya, kami menonjolkan Value seperti harga terjangkau, fitur terbukti, kabin lega, dan fungsional, karena mobil ini menyasar pembeli perdana dan pengguna mobil seken," pungkas Anton.

Khusus di pasar Jawa Tengah termasuk Yogyakarta, penjualan Toyota dilakukan lewat distributor Nasmoco. Saat ini pangsa pasar Nasmoco di pasar otomotif Jawa Tengah mencapai 32 persen. Untuk kota Semarang, bahkan pangsa pasar Nasmoco hingga 40 persen.

Hartono Dinata, Direktur Pemasaran Nasmoco Group, menambahkan sejak All New Calya diluncurkan secara nasional 2 Agustus lalu, penjualan per bulan Nasmoco meningkat dari biasanya. Contoh, di Agustus lalu, penjualannya mencapai 3.400 unit, dengan kontribusi penjualan Calya 1.300 unit, alias setara 38 persen.

Secara rata-rata, lanjutnya, penjualan Nasmoco naik per bulan dari 2.000 unit menjadi 2.500 unit. Di Jawa Tengah dan Yogyakarta, Nasmoco memiliki total 20 dealer termasuk 3 dealer di Yogyakarta.

"Target tahun ini penjualan kami bisa 2.500 per bulan di empat bulan terakhir," ujar Hartono.

Pasar Nasmoco bertambah karena segmen produknya semakin lebar dengan adanya Calya. Banyak konsumen baru yang merupakan entry customer, katanya. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Toyota Calya
  2. Toyota
  3. Otomotif
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini