Ancaman Karat Meningkat di Musim Hujan, Auto2000 Diskon Perawatan Bodi & Cat

Kamis, 5 November 2020 12:00 Reporter : Syakur Usman
Ancaman Karat Meningkat di Musim Hujan, Auto2000 Diskon Perawatan Bodi & Cat bengkel auto2000. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Istilah November Rain jamak dipakai untuk menyambut musim hujan. Nah, memasuki musim hujan, pemilik kendaraan biasanya melakukan beberapa persiapan. Namun, selain kendaraan, pengemudi juga harus mempersiapkan diri karena kondisi jalan cenderung licin karena air hujan, performa mobil menurun, dan daya pandang pengemudi terganggu akibat hujan.

Berikut ini beberapa hal yang mesti diperhatikan supaya tidak bermasalah saat mengemudi di musim hujan:

1. Kurangi Kecepatan

Segera kurangi kecepatan mobil ketika AutoFamily melalui kawasan yang sedang turun hujan. Dengan begitu, AutoFamily memiliki kontrol lebih baik atas mobil di tengah kondisi jalan yang sulit dipantau.

Selain itu, terkait pula dengan performa kendaraan yang menurun saat hujan deras, seperti ban dan rem yang mempunyai peran sangat penting dalam menjaga laju mobil. Mudahnya, kecepatan mobil dikurangi 20-30 km per jam atau sekitar 20 persen dari kecepatan normal.

2. Fokus dan Waspada

Berkurangnya daya pandang dan performa mobil di waktu hujan membuat AutoFamily harus menaikkan fokus berkendara dan lebih waspada pada kondisi sekitar. Hati-hati dalam manuver, gerakkan kemudi dengan halus dan tidak menginjak pedal gas terlalu dalam. Kendalikan mobil supaya selalu berada di jalur yang tepat dan tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Waspada genangan air, termasuk potensi banjir dan jaga emosi bila ada pengguna jalan lain berlaku seenaknya.

3. Jaga Jarak Aman

Banyak pengguna jalan kesulitan untuk memperkirakan jarak mobil yang dikendarai dengan mobil di depannya saat hujan deras sehingga AutoFamily wajib menyisihkan jarak yang cukup dengan kendaraan di depan, terutama di jalan tol. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika pengguna jalan lain di depan mengerem kendaraannya secara mendadak. Ditambah menurunnya kondisi ban dan rem akibat harus bekerja di jalan licin, yang membuat jarak pengereman kian jauh dan mobil sulit dikendalikan.

Baca Selanjutnya: 4 Perhatikan Kinerja Rem dan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini