Tips kenali gejala kopling rusak

Selasa, 17 Maret 2015 19:00 Sumber :
Mengecek Kopling mobil (otomotifnet)

Merdeka.com - Otosia.com -

Kopling menjadi elemen yang sangat vital, terutama untuk mobil manual. Fungsinya untuk membantu perpindahan gigi perseneling, tentu sangat butuh perhatian yang baik. Seperti apakah kopling ini akan bereaksi jika sudah mengalami kerusakan?

Untuk mengetahui kerusakan ynag telah terjadi, Anda bisa mengenali tanda-tanda pada mobil Anda. Salah satunya adalah ketika putaran rata-rata mesin semakin naik. Pada kasus ini, kecepatan putaran mesin normalnya mencapai 60 km/h pada gigi 3. RPM yang bisa dicapai pun hanya mencapai 2000 rpm. Jika kopling rusak, khususnya pada plat koplingnya, RPM ini bisa naiik hingga 3000 rpm.

Tanda kedua bisa dirasakan ketika mobil sedang melewati tanjakan. Biasanya akan tercium bau gosong menyengat karena kampas kopling yang selip. Lebih parahnya lagi, mobil bisa saja sampai tidak kuat memasuki tanjakan.

Tanda selanjutnya muncul dengan mesin terasa lebih berat dan menderu keras ketika akan jalan. Tanda ini pun juga akan terasa saat melepas kopling. Ada lagi, biasanya kecepatan akan naik dengan sangat lambat. Atau yang lebih parahnya, mobil tidak akan bisa dijalankan sama sekali.

(kpl/sdi)

Topik berita Terkait:
  1. Tips Mobil
  2. Aksesoris Mobil

Sumber: Otosia.com
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.