Tips Ganti Oli Mobil di Masa New Normal Adventure

Jumat, 28 Agustus 2020 11:12 Reporter : Syakur Usman
Tips Ganti Oli Mobil di Masa New Normal Adventure layanan purnajual Mitsubishi Motors Indonesia. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gara-gara pandemi banyak mobil tidak dikendarai dalam waktu lama alias hanya diparkir di rumah saja. Maka itu, sebelum kembali digunakan kembali untuk berkegiatan, perlu dilakukan persiapan dahulu.

Utamanya adalah pengecekan kondisi baterai atau aki mobil dan oli mesin. Bila mobil lama tidak digunakan, akan terjadi pengendapan oli mesin di bagian bak penampang oli atau carter. Terlebih jika selama mobil parkir ini tidak pernah dinyalakan sama sekali.

Boediarto, Group Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan jika oli terlalu lama mengendap di bagian bawah mesin, maka fungsinya sebagai pelumas akan berkurang. Jika begitu, dampaknya akan terasa saat mesin dinyalakan, komponen saling bergesekan tanpa adanya perlindungan dari oli.

"Jika mobil terlanjur hanya parkir lama dan jarang dinyalakan, sebaiknya mengganti oli mesin terlebih dahulu. Hal tersebut dapat dicegah dengan rutin memanaskan mobil tiga hari sekali, tujuannya untuk menjaga sirkulasi oli di dalam mesin. Maka itu, untuk menjaga performa kendaraan, pengecekan dan penggantian oli mesin perlu dilakukan, utamanya dengan melakukan periodical maintenance sesuai buku manual di bengkel resmi Mitsubishi Motors," ujar Boediarto dalam rilisnya, Jumat (28/8).

Menurutnya, mobil yang terlalu lama dalam kondisi diam dan tak dinyalakan, berpotensi membuat oli mengendap dan menjadi sludge (lumpur oli). Sehingga perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu dengan cara melihat dari dipstick oli, untuk memastikan apakah jumlah dan kekentalan oli masih dalam kondisi normal atau tidak.

Volume oli mesin pada kondisi aman, jika berada antara level maksimum dan minimum. Konsumen dapat melakukan pengecekan level oli mesin di tempat yang rata, agar hasil pengecekan akurat, karena kemiringan tertentu dapat juga memengaruhi level oli mesin.

Jika posisi ketinggian volume oli mesin di bawah titik minimum, disarankan ditambah. Namun, penambahan tersebut tidak bisa sembarang dilakukan, konsumen disarankan melakukan penambahan dengan oli yang sama.

Baca Selanjutnya: Perhatikan Jangka Waktu Ganti Oli...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini