Tips dan Trik Mengemudikan Mobil Transmisi Otomatis versi Daihatsu

Rabu, 16 September 2020 19:04 Reporter : Syakur Usman
Tips dan Trik Mengemudikan Mobil Transmisi Otomatis versi Daihatsu New Astra Daihatsu Sigra. ©2019 Merdeka.com/Nanda F. Ibrahim

Merdeka.com - Mobil dengan transmisi otomatis semakin populer di Indonesia. Selain mudah dioperasikan karena tanpa harus menginjak pedal kopling, mobil transmisi otomatis sangat nyaman terutama saat kondisi jalan macet.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan mobil transmisi otomatis semakin menarik minat konsumen otomotif. Sekarang populasinya sekitar 20 persen tergantung tipe dan model kendaraan dibandingkan transmisi manual.

Meski makin laris di pasar otomotif, konsumen masih banyak yang belum paham menggunakan mobil transmisi otomatis. Akibatnya banyak terjadi kecelakaan mobil transmisi otomatis di jalan baik ringan maupun berat.

"Masih banyak yang belum paham pengoperasian transmisi otomatis sehingga Daihatsu merasa perlu membagikan informasi transmisi ini ke publik,"ujar Bambang lewat diskusi virtual, kemarin.

Berikut ini tips dan trik mengemudikan mobil transmisi otomatis versi Daihatsu Indonesia:

(1) Tuas Transmisi Otomatis

Daihatsu memiliki dua varian tuas transmisi otomatis mobilnya. Untuk model Terios (low SUV) dan Xenia (low MPV), tuas transmisinya terdiri atas P,R,N,D,3,2,L.

Sementara model LCGC Sigra dan Ayla tuasnya; P,R,N,D4,3,2. Tuas di posisi P, artinya untuk parkir. Tuas R untuk mundur, N: netral, D4: gigi berubah otomatis dari 1 hingga 4.

Tuas 3: gigi 1, 2, dan 3 berubah otomatis.
Tuas 2: gigi 1 dan 2 berubah otomatis
L: mengunci hanya di gigi 1 (gigi rendah)

(2) Tuas di N Saat Berhenti di Lampu Merah

Saat mobil berhenti di lampu merah, sebaiknya tuas transmisi di posisi N. Alasannya demi safet, supaya mobil tidak melaju dan menghindari menabrak mobil di depannya.

"Tuasi di N lebih aman dibandingkan tuas di P. Karena kalau tuas di P, maka untuk pindah ke tuas D, harus melewati dua tuas sekaligus, yakni R dan N, sehingga mobil berpotensi mundur saat tuas di posisi R. Kami tidak rekomendasikan tuas di P kalau di lampu merah," ujar Aji Prima Barus, Training Development Section Head ADM.

Baca Selanjutnya: (3) Dioperasikan dengan Satu Kaki...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini