Tips berkendara yang aman di musim hujan

Selasa, 10 Oktober 2017 10:54 Reporter : Syakur Usman
Tips berkendara yang aman di musim hujan Chevrolet. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Musim hujan mulai tiba di Tanah Air pada Oktober ini. Hal tersebut ditandai dengan semakin meningkatnya curah hujan di banyak kota. Kondisi ini tentu menjadi perhatian semua, terutama bagi pengendara kendaraan bermotor. Karena jalan menjadi licin dan tidak terkendali, potensi kecelakaan semakin tinggi. Tapi bukan berarti Anda jadi takut bepergian loh!

Berikut ini tips berkendara aman, terutama saat musim hujan, yang dirangkum dari Chevrolet, merek otomotif asal Amerika Serikat.

1. Lakukan standar check-up kendaraan Anda, termasuk wipers, tekanan ban, oli, mesin, baterai, dan lampu. Pengisian bahan bakar dalam kondisi penuh sangat diperlukan, sebelum bepergian jauh. Pemilik The All-New Chevrolet Colorado, Trailblazer, Captiva, dan Trax dapat dengan mudah mengetahui tekanan ban yang tersedia di dashboard.

2. Rencanakan rute sebelum bepergian, terlebih saat Anda menuju daerah yang jarang atau belum pernah dikunjungi. Perasaan tersesat akan menimbulkan kebingungan dan menganggu konsentrasi. Terlebih lagi, potensi cuaca dan jarak pandang yang buruk membutuhkan kemampuan mengemudi ekstra hati-hati. Fitur MyLink di kendaraan The All-New Chevrolet dapat juga digunakan untuk screen mirroring dan memindahkan tampilan peta digital demi kenyamanan ekstra.

3. Gunakan gigi rendah, ketika menghadapi jalan menanjak atau turunan yang curam dan licin. Menggunakan gigi rendah memudahkan mesin untuk melakukan pengereman, sebelum mencapai tikungan curam dan membantu Anda mengontrol kecepatan kendaraan, serta membuat rem Anda bertahan lebih lama.

4. Pastikan kendaraan Anda pada kondisi baik, terutama pada bagian mesin. Dalam kondisi jalan berbukit, mobil dengan torsi besar jauh lebih andal dalam menaklukkan medan.

5. Latih kesabaran. Walaupun saat ini bukan puncak musim liburan, pengemudi harus dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan. Hindari menyusul kendaraan lain, ketika Anda tidak bisa melihat jalanan di depan Anda, seperti pada tikungan, jembatan, bukit, dan lereng gunung.

6. Teknologi yang mendukung, seperti Lane Departure Warning, Forward Coallision Alert, Panic Brake Assist, Electronic Stability Control, dan Anti-Rolling Protection akan membuat pengemudi tetap tenang dalam perjalanan. Beberapa kendaraan Chevrolet juga dilengkapi beberapa teknologi mendukung untuk meningkatkan keamanan dalam perjalanan ke pegunungan, seperti Hill Descent Control (HDC) dan Hill Start Assist (HSA).

"Chevrolet selalu berkomitmen untuk mengutamakan keselamatan di mana pun, kapan pun, dan oleh siapa pun. Berkendara saat musim hujan memerlukan perhatian lebih, khususnya kesiapan kendaraan dalam melewati jalanan licin dan banjir. Kami menyarankan memeriksa kendaraan untuk memastikan mobil dalam keadaan aman, saat dipakai di musim hujan. Kami juga mengajak seluruh pengguna Chevrolet untuk memeriksa kendaraannya di bengkel resmi kami," ujar Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director GM Indonesia, dalam rilisnya pada Merdeka.com, kemarin (9/10). [ega]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini