Hapus Mitra Diler, Astra Kini Miliki dan Kelola Seluruh Diler Peugeot di Indonesia

Jumat, 24 Mei 2019 10:21 Reporter : Syakur Usman
Hapus Mitra Diler, Astra Kini Miliki dan Kelola Seluruh Diler Peugeot di Indonesia New Peugeot 3008. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Astra Peugeot berbenah total demi meningkatkan merek dan penjualan mobil asal Perancis ini di Indonesia. Selain menunjuk chief executive baru, Rokky Irvayandi per 1 Mei lalu, sejumlah strategi baru telah dan siap dijalankan, termasuk strategi diler.

Rokky yang sebelumnya lama mengelola merek Daihatsu (anak usaha lain PT Astra International Tbk) mengaku kini seluruh diler Peugeot di Indonesia dikelola sendiri oleh Astra. Semua diler milik Astra Peugeot.

Tidak ada lagi diler milik mitra, termasuk diler Peugeot di Bandung yang dimiliki mitra diler, ASCO Peugeot, juga sudah ditutup sejak Maret 2019. ASCO Peugeot dimiliki oleh pengusaha ternama Stanley Setia Atmadja, yang juga mitra diler mobil Daihatsu dan Isuzu.

"Kami memutuskan untuk memiliki dan mengelola sendiri jaringan diler Peugeot. Strategi ini lebih baik, karena eksekusi strategi penjualan dan purnajual di diler lebih cepat bisa dilakukan dari sebelumnya, karena semua di bawah langsung Astra Peugeot," ujar Rokky yang ditemui Merdeka.com di Jakarta, Kamis malam (23/5).

Rokky mengakui diler mobil Peugeot di Indonesia sangat sedikit. Baru lima outlet yang tersebar di Jabodetabek, Solo, dan Surabaya. Di Jabodetabek, diler Peugeot bisa dijumpai di Sunter, Cilandak, dan BSD City, Tangerang.

"Dengan strategi diler itu, kami bisa ekspansi diler baru di Solo, Jawa tengah, per April lalu," ujarnya.

2019 Merdeka.com

Strategi harga

Ditanya soal strategi harga ke depan, Rokky menjelaskan positioning mobil Peugeot di pasar Indonesia. Segmennya berada di antara mobil merek Eropa mapan seperti BMW dan Mercedes-Benz dan mobil merek Jepang. Jadi Peugeot tidak head to head dengan kedua merek Eropa yang sangat mapan di Indonesia itu.

"Kami mencari celah di antara keduanya dan ternyata ada, meski segmennya tidak besar. Strategi harga disesuaikan dengan positioning tersebut," ucapnya.

Astra Peugeot baru memasarkan satu model di Indonesia, yakni SUV 3008. Dalam waktu dekat, Astra Peugeot akan memasarkan satu model baru dengan segmen masih di SUV.

Pada tahun lalu, penjualan Peugeot di Indonesia mencapai 139 unit, hanya dengan satu model; 3008. Tahun ini Rokky menargetkan 150 unit, dengan sekitar 70 persen datang dari model 3008. Sisanya dari model baru.

Peugeot ini bukan brand abal-abal, tapi brand kelas atas yang sudah lama tidur. Saya selalu bilang ke kalangan internal, mari kita buat brand ini jadi lebih baik, pungkasnya. [sya]

Topik berita Terkait:
  1. Astra International
  2. Peugeot
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini