Teknologi laser headlight BMW akan gusur lampu LED

Selasa, 17 Desember 2013 09:51 Sumber :
BMW i8 Laser Headlight

Merdeka.com - Sistem pencahayaan di dunia otomotif makin berkembang pesat selama beberapa dekade terakhir. Dari teknologi lampu halogen berkembang dengan jenis lampu LED. Dan kini pabrikan mobil BMW telah siapkan teknologi lampu laser untuk headlight.

Penerapan inovasi pencahayaan berteknologi laser ini telah diaplikasikan pada supercar hybrid BMW i8. Pengembangan pun dilakukan melalui fitur seperti Asisten Anti-Dazzle High Beam yang secara otomatis meredupkan headlamp. Kemudian Adaptive Lighting mengarahkan lampu melalui sudut kemudi dan Spot Light dinamis yang membantu menerangi pejalan kaki untuk menghindari kendaraan.

Mengingat kembali, BMW juga telah merintis penggunaan lampu LED pada setiap varian mobil dan motor terbarunya. Teknologi LED telah diakui bahwa hanya membutuhkan energi jauh lebih kecil daripada lampu konvensional.

Untuk teknologi lampu laser terbukti dapat menghasilkan panjang gelombang monokromatik yang sama dengan cahaya dan koheren dengan sumber cahaya. Dengan demikian gelombang sinar laser memiliki perbedaan fase konstan. Soal efisiensi, penggunaan energi dioda laser lebih kecil dari LED.

Laser memang dapat menimbulkan risiko visi jika langsung terkena mata, tapi BMW berhasil menemukan solusi untuk masalah ini. Laser tidak akan bersinar secara langsung ke jalan, tetapi akan diproyeksikan ke bahan kaya fosfor yang mengubah laser biru yang berbahaya bagi manusia dan hewan, untuk menghasilkan sumber cahaya putih.

(kpl/vin)

Topik berita Terkait:
  1. Mobil BMW
  2. Teknologi
  3. Video
  4. Youtube

Sumber: Otosia.com
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.