TAM: Lima Mobil Toyota Bakal Dapat Pajak Nol Persen di Maret

Rabu, 17 Februari 2021 14:59 Reporter : Syakur Usman
TAM: Lima Mobil Toyota Bakal Dapat Pajak Nol Persen di Maret New Toyota Yaris 2020. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkirakan lima mobilnya masuk kriteria relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang dimulai 1 Maret mendatang. Kelima model mobil itu adalah Toyota Vios (sedan), Yaris (hatchback), Sienta (MPV), Avanza (low MPV), dan Rush (low SUV).

"Berdasarkan perkiraan dari siaran pers pemerintah (relaksasi PPnBM), model Toyota yang masuk adalah Avanza, Rush, Vios, Yaris, dan Sienta," kata Anton Jimmi Suwandhy, Direktur Pemasaran TAM pada Merdeka.com, Rabu (17/2).

Berdasarkan kriteria penerima relaksasi pajak itu, kelima model Toyota tersebut memang memenuhi seluruh kriteria, yakni kapasitas mesin 1.500 cc ke bawah, diproduksi di dalam negeri, dan memiliki kandungan/komponen lokal 70 persen.

Produk-produk otomotif tersebut diproduksi di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan PT Astra Dauhatsu Motor di Karawang, Jawa Barat.

Dalam skenario relaksasi PPnBM itu, pemerintah memulai tahap pertama pada Maret hingga Mei dengan memberikan PPnBM 0 persen. Tahap kedua, Juni-Agustus diskon PPnBM diberikan 50 persen dan tahap ketiga September-November diskonnya tinggal 25 persen.

Relaksasi PPnBM, menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), fokus pada produk yang diproduksi di dalam negeri. Tujuannya supaya produk tersebut lebih laku di pasar sehingga meningkatkan volume produksi pabrikan otomotif di Tanah Air yang rata-rata volumenya kurang dari 70 persen akibat pandemi Covid-19.

Padahal baru di level volume produksi 70 persen lah pabrikan otomotif bisa bernapas lega karena mencapai titik impas (BEP). Sejak pandemi Covid-19,pasar otomotif RI terpukul dengan penjualan turun sekitar 46 persen di tahun lalu. [sya]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini