Tak Ingin Lawan Xpander, Grand New Xenia 1.5 hanya Incar Pengguna Setia Xenia

Selasa, 12 Februari 2019 07:30 Reporter : Syakur Usman
Tak Ingin Lawan Xpander, Grand New Xenia 1.5 hanya Incar Pengguna Setia Xenia test drive new xenia 1.5 di sibolga. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Meski Grand New Xenia memiliki varian mesin 1.500 cc, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menegaskan mobil keluarga ini bukan dibangun untuk bersaing dengan Mitsubishi Xpander yang juga bermesin kapasitas serupa. Hanya mengincar pengguna setia Xenia lawas yang ingin naik kelas ke mesin lebih besar.

Grand New Xenia 1.5 merupakan tipe tertinggi (baca: termahal) mobil sejuta umat ini bersama kembarannya, Toyota Avanza. New Xenia 1.5 dibanderol Rp 218 jutaan untuk transmisi manual (on the road Jakarta), sedangkan transmisi otomatis Rp 228 jutaan.

"New Xenia 1.5 bukan head to head dengan Xpander. Lawan kami bukan Xpander," ujar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM, saat dijumpai Grand New xenia Media test Drive di Sibolga, Sumatera Utara, Senin sore (11/2).

Menurut Amelia, target penjualan Xenia baru varian mesin 1.5 memang kecil, yakni hanya 10 persen dari total penjualan Xenia tahun produksi 2019. Jumlah itu setara 300 unit per bulan, sehingga tidak pantas bersaing dengan Xpander yang penjualan per bulan mencapai 5.000-6.000 unit.

"Pasar Daihatsu Xenia berbeda dengan Xpander," tegasnya.

Lantas siapa target pasar Grand New Xenia 1.5?

Kata Amelia, targetnya memang kecil, karena xenia mesin 1.5 dibangun untuk memenuhi pengguna Xenia lama yang ingin naik kelas ke mesin lebih besar. Jadi bukan mengincar pasar merek lain, seperti Xpander.

"Berdasarkan riset kami, ada konsumen setia Xenia yang ingin naik kelas, tapi tetap senang dengan Xenia, tapi tidak ada Xenia 1.5. Maka itu, kami bangun bagi Xenia 1.5," pungkas dia.

test drive new xenia 1.5 di sibolga 2019 Merdeka.com

Sebagai tipe termahal, Grand New Xenia 1.5 memiliki semua fitur yang ada di New Xenia 1.3 R Deluxe plus tambahan fitur-fitur ini:

1. Fitur keamanan aktif
Grand New Xenia 1.5 memiliki fitur keamanan aktif, meski bukan yang terbaik di kelasnya. Sebab hanya tersemat dua fitur, yakni Antilock Brake System (ABS) dan Electronic Braking Distribution (EBD).

3. Sensor front corner
fitur ini berfungsi mengeluarkan bunyi bila sudut depan mobil mendekati sesuatu untuk menghindari benturan atau tabrakan.

4. Sistem audio
Audio di New Xenia 1.5 sudah dobel DIN dengan layar sentuh, dengan koneksi Bluetooth, USB, dan smartphone. Sistem audio ini juga sudah terkoneksi dengan kamera belakang sehingga saat parkir lebih mudah dan nyaman.

5. Pelek polish Alloy wheel
Demi kesan sporty, Grand New Xenia memakai ban standar ukuran 15 inci dengan pelek polish alloy wheel. [sya]

Topik berita Terkait:
  1. Daihatsu Xenia
  2. Mobil Baru
  3. Sibolga
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini