Pemerintah: Tahun 2018 penjualan mobil capai 2 juta unit

Jumat, 10 Mei 2013 10:21 Sumber :
Pemerintah: Tahun 2018 penjualan mobil capai 2 juta unit Pabrik General Motors (foto: Tatan Rustandy)

Merdeka.com - Industri otomotif nasional semakin bergairah, hal ini tampak dengan maraknya mobil-mobil keluaran terbaru yang dipersembahkan agen pemegang merek (APM) di Tanah Air.

Ini disebutkan Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, usai menghadiri peresmian pabrik General Motors (GM) di Bekasi, (8/5) kemarin.

"Tahun lalu saja penjualan mobil di Indonesia mencapai 1,1 juta unit. Saya yakin jumlah itu akan terus meningkat, sehingga tahun 2018 yang akan datang diperkirakan jumlahnya akan mencapai 2 juta unit," sebut Budi.

Meski permintaan terhadap mobil baru sangat tinggi, namun Budi melihat pasokan dari industri otomotif dalam negeri masih terbatas. "Untuk itu, Pemerintah akan memberikan berbagai insentif untuk menarik investasi di industri ini, seperti insentif diskon pajak, bebas bea masuk untuk mesin, bahan mentah atau komponen yang berasal dari negara lain, serta PPnBM," tuturnya.

Pemerintah juga sedang menyiapkan beberapa insentif untuk industri low cost green car (LCGC). Diantaranya adalah bebas bea masuk untuk bahan baku dan komponen yang tidak diproduksi di Indonesia. Namun dalam lima tahun diwajibkan kandungan produk dalam negeri sudah mencapai 40 persen.

Dalam sambutannya di acara peresmian pabrik GM, atas nama Pemerintah, Budi mengucapkan terima kasih kepada GM yang telah menginvestasikan dana sebesar US$ 150 juta untuk pabrik yang akan memproduksi 40 ribu unit Chevrolet Spin dan mengekspornya ke Thailand dan Filipina.

Artikel Terkait

April 2013, Honda Capai Penjualan 6.707 Unit Mobil

April 2013, New Honda Freed Terjual 1.663 Unit

Daihatsu Ayla Dijual dengan Meneropong Cina

Malaysia Jual 16.000 'Daihatsu' Tiap Bulan

(kpl/tr/rd)


Sumber: Otosia.com
Topik berita Terkait:
  1. General Motors
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini