Sorry, Auto 2000 Belum Mau Jualan Toyota Calya

Sabtu, 16 Juli 2016 12:42 Reporter : Syakur Usman
Sorry, Auto 2000 Belum Mau Jualan Toyota Calya AUTO 2000. © auto2000.co.id

Merdeka.com - Dealer mobil Toyota terbesar di Indonesia, Auto2000, masih adem ayem soal rencana penjualan mobil baru LCGC 7 penumpang, Astra Toyota Calya. Dealer ini justru lebih suka bicara Toyota Sienta.

Martogi Siahaan, Chief Marketing Auto2000, mengaku pihaknya masih fokus menjual Toyota Sienta, yang diluncurkan pada April lalu dan diproduksi di pabrik Toyota Karawang sejak Juli ini. Sienta bermain di segmen multipurpose vehicle (MPV) 7 penumpang dengan pintu geser otomatis ini.

"Kami konsentrasi sukseskan Sienta dulu. Ada banyak rencana untuknya, seperti gathering di setiap cabang, penyerahan unit kepada konsumen, dan lain-lain," kata Martogi, usai media gathering di Jakarta, Jumat malam (15/7).

Kata Martogi, pihaknya belum menjual atau menawarkan Calya kepada konsumen. Apalagi Calya juga belum diluncurkan secara resmi oleh PT Toyota-Astra Motor, sebagai agen pemegang merek (APM) Toyota di Indonesia. "Kami belum menjual Calya. Penjelasan soal Calya menjadi domain Toyota-Astra Motor."

Perlu diketahui, saat ini dua APM di Indonesia, yakni Toyota dan Daihatsu, sedang mengembangkan mobil murah (LCGC) berkapasitas 7 penumpang, pengembangan dari model Agya dan Alya. Rencananya kedua mobil kembar ini akan diluncurkan Agustus tahun ini.

Menurut informasi yang dihimpun Merdeka.com, proyek mobil kembar LCGC 7 penumpang ini diberi nama Astra Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra. Proyek ini menambah panjang proyek mobil kembar kedua pabrikan, seperti Avanza-Xenia, Rush-Terios, dan Agya-Alya. Toyota Calya akan menggunakan mesin 1.200 cc, sedangkan Daihatsu Sigra menawarkan mesin 1.000 cc dan 1.200 cc.

Perbandingan Daihatsu SIgra dengan Datsun GO Panca ©2016 Merdeka.com

Perbandingan Daihatsu SIgra dengan Datsun GO Panca ©2016 Merdeka.com

Perbandingan Daihatsu SIgra dengan Datsun GO Panca ©2016 Merdeka.com

Sumber Merdeka.com beberapa waktu lalu pernah membocorkan harga jual mobil LCGC 7 penumpang Toyota ini ditawarkan mulai Rp 120 juta (on the road). Sementara yang tertinggi ditawarkan Rp 145 jutaan.

Mobil 7 penumpang seharga Rp 120 jutaan tentu menarik bagi segmen entri level konsumen otomotif Indonesia. Sebab harga tersebut lebih terjangkau dari mobil LCGC sejenis, tapi berkapasitas 5 penumpang. Seperti Honda Brio Satya yang memiliki rentang harga Rp 129 juta - Rp 149 juta, atau Suzuki Karimun Wagon R dengan rentang harga Rp 102 juta- Rp 132 juta. [idc]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini