Test Drive

Sensasi Canggih dan Mewah Mobil Futuristik Hyundai Staria

Kamis, 9 September 2021 18:02 Reporter : Syakur Usman
Sensasi Canggih dan Mewah Mobil Futuristik Hyundai Staria test drive Hyundai Staria rute Jakarta-Bandung. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pada 20 Agustus lalu, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan mobil baru Hyundai Staria. Mobil keluarga nan bongsor ini menjadi penantang baru di segmen premium MPV. Eksteriornya yang unik, langsung menarik perhatian publik karena futuristik.

Merdeka.com mendapat kesempatan melakukan test drive Hyundai Staria bersama beberapa media, kemarin (8/9). Test drive singkat ini memiliki tujuan kota Bandung, Jawa Barat. Total ada 4 unit Staria yang disiapkan termasuk satu unit varian 9 penumpang berwarna putih.

Mengambil start di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Merdeka.commendapat Staria warna hitam Signature 7 penumpang dan langsung mencoba posisi pengemudi dari mobil keluarga seharga Rp 1,02 miliar (on the road Jakarta).

Acara media test drive Staria ini sendiri dibuka oleh Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia. Sebelum bendera start dikibarkan, para peserta mencoba fitur pertama yang jadi andalan Hundai Staria, yakni Smart Power Sliding Door.

Hanya mengantongi smart key, pintu baris kedua Staria akan terbuka otomatis saat kami berdiri di dekat pintu tersebut selama beberapa detik. Kunci pintarnya juga bisa digunakan untuk kebutuhan praktis lainnya, seperti membuka bagasi dan menghiudpkkan mesin mobil sebelum pengguna masuk sekaligus menyalakan pendingin (AC) sehingga suhu kabin nyaman saat dimasuki.

test drive hyundai staria rute jakarta bandung
©2021 Merdeka.com

Setelah menyetel posisi duduk pengemudi secara elektrik, kami siap menjelajah ke Kota Kembang ini.

Kesan pertama saya sebagai pengemudi, posisi duduk Staria memang tinggi, tapi bisa diatur soal levelnya. Visibilitasnya sangat baik. Kaca depan sangat lapang, pilar A, dan spion yang lebar membuat saya bisa melihat kondisi luar dengan sangat jelas dan baik.

Suasana di dalam kabin juga sangat senyap. Suara mesin diesel Staria tidak masuk ke dalam kabin.

Saat memasuki ke jalan tol dalam kota, saatnya menjajal performa mesin diesel tipe R2.2 VGT yang dipadu transmisi otomatis 8-percepatan. Meski menggunakan mesin diesel, dapur pacu Staria bisa dikatakan halus.

Saat berakselerasi pun mesin tidak berteriak lantang. Tenaga Staria terasa tidak lemot dengan kemampuan maksimal hingga 177 ps di 3.800 rpm. Cukup responsif di jalan ibukota. Torsinya cukup besar di putaran mesin awal, 430 Nm di 1.500-2.500 ron, yang sangat dibutuhkan untuk mobil berbobot sekitar 2 ton ini. Mengendarai Staria yang besar, tapi terasa ringan.

Menariknya, Staria menawarkan 4 mode berkendara: Normal, Smart, Eco, dan Sport. Setiap mode memiliki tampilan warna tersendiri di MID, seperti warna merah untuk model Sport.

Memasuki tol Cikampek di ruas tol layang Sheikh Mohamed Bin Zayed, saya menjajal beberapa fitur canggih sekaligus Staria seperti Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Cruise Control, dan Forward Collision-Avoidance Assist (FCA).

Di jalan tol layaag sepanjang 36,4 km ini, saya melahapnya dengan mudah dan nyaman berkat fitur cruise control plus LFA dan LKA tadi. Sehingga kaki saya bisa beristrahat dengan cukup karena tanpa harus menginjak pedal gas mobil melaju dengan keceptan konstan.

Cara pengoperasiannya mudah, cukup tekan tombol di setir kanan sampai muncul ikonnya di MID.

Pengalaman baru di mobil Hyundai Staria adalah fitur Blind-Spot View Monitor (BVM). Fitur ini menampilkan area blind spot di bagian belakang kendaraan secara visual di panel cluster saat lampu sein diaktifkan. Fitur ini sangat fungsional karena aman saat ingin pindah jalur!

Di jalan tol layang, suspensi Staria membuktikan kenyamanannya. Terasa empuk terutama saat melibas sambungan di jalan tol lini yang dikenal menguji empuk atau kerasnya sistem suspensi.

new hyundai staria 2021
©2021 Merdeka.com

Istirahat sejenak di Km 72, posisi saya berganti dari pengemudi menjadi penumpang baris kedua. Di posisi penumpang ini, saya menjajal fitur Premium Relaxation Seats. Dengan menekan satu tombol, jok berubah otomatis dari posisi duduk ke posisi rebah hingga mencapai posisi nyaman untuk beristirahat di dalam kendaraan. Posisi saya semakin rileks berkat sandaran untuk kaki/betis yang bisa diatur dengan tombol lektrik sehingga posisinya semakin karena seperti istirahat di atas matras.

Menariknya, jok canggih in juga memiliki fitur penghangat dan pendingin yang bisa diatur levelnya. Khusus Staria Signature 9, fitur ini tidak ada, sebagai gantinya, ada fitur Swiveling Independent Seat. Yang mana jok dapat diputar hingga 180 derajat sehingga dapat dibuat berhadapan dengan penumpang di baris ketiga, bila diperlukan untuk berdiskusi sepanjang perjalanan.

Di sela-sela perjalanan tersebut, saya yang ditemani dua rekan media bisa menikmati musik dengan berkualitas berkat 12 unit BOSE Premium Sound System.

Tingkat kenyamanan mobil ini memang terbilang tinggi. Untuk mendukung gaya hidup mobile, terdapat Wireless Smartphone Charging dan port USB charge untuk semua baris kursi. Signature 7 memiliki 5 port USB, sedangkan Signature 9 memiliki 7 port USB.

test drive hyundai staria rute jakarta bandung
©2021 Merdeka.com

Kesimpulan

Meski singkat (Jakarta-Bandung), secara umum Hyundai Staria sangat menarik menjadi opsi baru mobil premium MPV. Desain eksteriornya yang futuristik ditambah fitur-fitur keamanan pintar adalah satu paket yang patut jadi perhatian konsumen mobil keluarga premium di Tanah Air!

Dari pengalaman singkat ini, sudah terbayang Hyundai Staria sangat nyaman untuk dikendarai jarak jauh dengan performa mesin dieselnya yang bertenaga. Meski bongsor dan berat, mesinnya tidak loyo dan mudah dikendalikan, serta tentu saja mewah! [sya]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Hyundai
  3. Mobil MPV
  4. Test Drive
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini