Masuk Indonesia Juli, Mobil Keluarga Renault Triber Kurang Bertenaga dari Kwid?

Kamis, 20 Juni 2019 09:36 Reporter : Syakur Usman
Masuk Indonesia Juli, Mobil Keluarga Renault Triber Kurang Bertenaga dari Kwid? peresmian global Renault Triber di New Delhi. ©2019 Merdeka.com/autocarindia

Merdeka.com - Pabrikan otomotif Perancis, Renault, memperkenalkan secara global mobil keluarga tujuh penumpang, Renault Triber, di New Delhi, India, kemarin (19/6). Renault Triber memiliki panjang kurang dari empat meter yang menawarkan tiga baris kursi penumpang seperti Datsun GO+MPV di India.

Bakal diluncurkan bulan depan (Juli), Triber diperkirakan dijual dengan harga mulai 5,3 lakh Rs atau 530.000 rupee atau setara Rp 108,5 juta (tanpa beamasuk dan pajak), seperti dikutip dari Autocarindia.com.

Triber diperkirakan masuk ke pasar Indonesia pada Juli nanti lewat PT Maxindo Renault Indonesia, agen pemegang merek Renault di Indonesia. Triber berbasis Renault Kwid yang berkapasitas lima penumpang dan sudah dipasarkan di Indonesia.

Mesin Kwid

Mesin Triber menggunakan mesin 1.0 liter yang dikembangkan dari mesin Kwid. Mesin bensin tiga silinder ini mampu menghasilkan tenaga 72 hp dan torsi 96 Nm. Mesin sama yang dipakai untuk model global, seperti Renault Clio dan Dacia Sandero.

Berbobot lebih berat 200 kilogram dibandingkan Kwid, rasio tenaga terhadap berat Triber adalah 76 hp per ton, ini lebih rendah dibandingkan Kwid yang memiliki rasio 97 hp per ton.Sehingga Triber tampaknya membutuhkan tenaga lebih besar -- ini bisa dipenuhi oleh varian mesin turbo yang segera diluncurkan.

Transmisi yang ditawarkan adalah transmisi manual 5 percepatan dan automated manual transmission (AMT) 5 percepatan. Renault juga berencana menghadirkan versi mesin turbo untuk Triiber di masa mendatang.

2019 Merdeka.com/renaultindia

Interior

Interiornya menawarkan dual tone dengan sistem hiburan berlayar sentuh ukuran 8 inci, yang lebih besar dibandingkan sistem hiburan di Renault Kwid, Lodgy, Duster, dan Captur. Sistem ini juga memiliki fitur Apple CarPlay dan Andropid Auto.

Baris kedua mobil keluarga ini memiliki fleksibilitas tinggi, bisa reclining dan fungsi split folding. Sedangkan baris ketiganya memiliki ventilasi AC, armrest, dan soket charging. Baris ketiga ini juga bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi menjadi 625 liter.

Fitur keamanan

Fitur keamanan standar di Triber adalah dual airbags di penumpang depan, ABS, sensor parkir, dan sistem peringatan kecepatan. Sedangkan di varian lebih tinggi, ada tambahan fitur seperti kamera mundur dan tambahan dua airbags.

Menurut Autocarindia.com, Renault Truber di India tidak memiliki pesaing secara langsung. Namun Triber menjadi kompetitor bagi hatchback premium dan kompak SUV. Saat ini Renault mengklaim memiliki total biaya kepemilikan lebih murah 20 persen di segmen hatchback B. [sya]

Topik berita Terkait:
  1. Renault
  2. Mobil Baru
  3. Mobil MPV
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini