Sekali balap, berapa biaya teknis satu motor road race?

Rabu, 30 September 2015 10:36 Sumber :
Sekali balap, berapa biaya teknis satu motor road race? Foto: Nazar

Merdeka.com - Dalam dunia balap, kebutuhan teknis menjadi hal wajib. Penggantian suku cadang banyak dilakukan baik sebelum sesi latihan, kualifikasi, hingga hari balapan. Lantas komponen apa saja yang harus diganti untuk satu motor di setiap pertandingan?

"Biasanya kampas kopling, oli, ban dan tentunya bensin. Kampas diganti per sekali event. Kalau ban biasanya sebelum latihan pakai yang baru, nanti setelah kualifikasi ganti lagi pas balapnya," ucap Asep, mekanik tim Suryawahana MMS KNRA Ramopro.

Untuk satu set kampas, menurut Asep biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 150 ribu. Sedangkan ban, sepasangnya dibanderol sekitar Rp 690 ribu.

"Budget yah sekitar Rp 5 juta untuk sekali event per motor. Ditambah biaya lain-lain, apabila ada yang memang perlu diganti," tambahnya.

Sama halnya dengan Tamy Pratama, pebalap nasional sekaligus instruktur YRA (Yamaha Riding Academy), menurutnya beberapa komponen memang harus mengalami penggantian di setiap race.

"Ban harus ganti setiap race, kalau oli ganti pas mau balap saja. Soalnya kalau pas latihan ke kualifikasi bisa pakai oli lama yang sudah disaring," ucap Tamy.

Berbeda dengan kampas kopling. Komponen ini bisa diganti sesuai kebutuhan. Apabila pebalap sering mengalami selip kopling, risiko kerusakan kampas semakin banyak.

"Kalau jarang selip kopling yah paling kampas kopling yang diganti hanya beberapa saja. Nanti dilihat kondisi kampasnya, harus diganti semua atau tidak. Soalnya ini untuk menekan budget juga. Kalau tiap balap pakai satu set baru, kan lumayan (biayanya)," jelasnya.

(kpl/fid/lrs)


Sumber: Otosia.com
Topik berita Terkait:
  1. Yamaha
  2. Balap Motor Indonesia
  3. Ragam
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini