Sejarah tragis berdirinya Suzuki jadi perusahaan otomotif dunia

Selasa, 22 September 2015 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Sejarah tragis berdirinya Suzuki jadi perusahaan otomotif dunia Sejarah Suzuki. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Tentu Anda sudah tahu perusahaan otomotif Suzuki, bukan? Ya, Suzuki adalah pabrikan kedua Jepang dalam anggota 'Big Four' (Suzuki, Honda, Yamaha, dan Kawasaki). Siapa yang bakal menyangka bahwa ternyata Suzuki dulunya adalah pabrik tenun.

Sang pendiri, Michio Suzuki adalah seorang anak dari petani kapas tradisional Jepang. Pria yang lahir pada 10 Februari 1887 ini memiliki keahlian dalam inovasi sejak kecil. Di usia 22 tahun Suzuki menciptakan alat tenun kayu yang dioperasikan dengan pedal. Produknya laris manis di kalangan penenun. Kemudian dia mendirikan pabrik bernama Suzuki Loom Wooks di daerah Tenjin, Hamamatsu. Berkembang dengan pesat, dia lalu membangun Suzuki Loom Manufacturing Company,Inc pada 15 Maret 1920. Dua tahun berjalan perusahaan tersebut dinobatkan sebagai perusahaan perkakas tenun terbesar di Jepang.

Berawal dari hal tersebut, niatnya untuk mengembangkan usaha muncul. Suzuki ingin membuat sebuah mobil. Nah, dari sinilah cerita jatuh bangun Suzuki mendirikan perusahaan otomotif kelas dunia. Penasaran bagaimana cerita tragisnya? Simak ulasannya berikut ini!

Baca Selanjutnya: Bikin mobil tiruan Austin Seven...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini