Sebaiknya pengendara wanita lakukan ini di motor kesayangannya

Kamis, 4 Mei 2017 06:05 Reporter : Syakur Usman
Sebaiknya pengendara wanita lakukan ini di motor kesayangannya merawat motor. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Kendaraan roda dua (sepeda motor) merupakan alat transportasi utama oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Meski membeli sepeda motor dewasa ini cukup mudah, merawat kendaraan ini ke bengkel resmi atau umum bagi sebagian pemilik masih terasa berat. Alasannya beragam, seperti keterbatasan waktu. Jika kondisi ini terus terjadi, besar kemungkinan memperpendek usia kendaraan.

Agar perfoma motor selalu tetap prima dan tahan lama, maka dibutuhkan perawatan berkala selayaknya kita merawat kesehatan diri sendiri. Kendati demikian, fakta di tengah masyarakat, tidak setiap pemilik selalu berkenan mendatangi bengkel untuk melakukan perawatan motor meski sekedar mengganti oli, terlebih pemiliknya seorang wanita.

Cukup banyak wanita pelanggan tidak mudah melangkahkan kaki ke bengkel ditambah dengan tingkat kesibukan pemiliknya membuat motor kian terbengkalai tak terawat.

merawat motor ©2017 Merdeka.com

Arya Dwi Paramita, Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants, mengatakan perawatan motor adalah wajib dan mudah dilakukan bagi setiap pemiliki motor agar bisa selalu digunakan setiap saat. Pemilik sebaiknya menyempatkan servis rutin ke bengkel resmi, walau sekadar ganti oli mesin.

Hal lainnya yang bisa menjadi kebiasaan, antara lain membersihkan motor setiap hari meski tidak terlalu kotor, memastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan, tidak membawa beban atau penumpang berlebihan, menggunakan bensin berkualitas sesuai anjuran pabrikan, memilih lintasan rata, dan lain-lain.

Hal tersebut disampaikan oleh Arya, dalam sebuah diskusi bersama Mobil123.com, baru-baru ini, di hadapan para pengendara motor wanita.

"Performa motor ditentukan seberapa apik pemiliknya memperhatikan penggantian oli mesin di samping perawatan baterai. Setidaknya ini langkah awal yang harus kita lakukan jika kita pecinta motor sejati," ucap dia.

Menurut dia, seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, memang motor-motor saat ini di Indonesia menyuguhkan berbagai teknologi dan fitur modern, seperti teknologi asupan bahan bakar injeksi. Namun hal paling utama adalah harus memperhatikan perawatan mesin. Karena kondisi mesin sepedamotor bergantung dari pemeliharaan pemiliknya.

Alasan pemilik harus rajin dalam pergantian oli pada mesin motor karena di dalam mesin motor ada berbagai macam komponen yang bekerja. Sebaiknya penggantian oli dilakukan secara rutin. Pelumas mesin ini perlu diganti jika sudah masanya agar kondisi motor tetap prima. Fungsi utama pelumas adalah melindungi bagian mesin dengan cara mencegah terjadinya gesekan langsung.

"Sebelum pengendara mengendarai sepedamotor sebaiknya memeriksa rem, lampu-lampu, aki dan radiator, demi keselamatan," pungkas dia. [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Tips Otomotif
  2. Otomotif
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini