KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Satu rahasia RPM tinggi Yamaha R25 ada pada Injeksinya

Senin, 14 Juli 2014 08:21 Sumber :
Yamaha R25 (Arsip)

Merdeka.com - Tidak saja mengandalkan teknologi, tetapi arsitektur pada bagiannya memungkinkan motor Yamaha R25 memenuhi keinginan dari sebuah sepeda motor sport fairing 250 cc yang mumpuni.

Salah satunya ada pada tata letak injeksi terhadap mesin, yang didesain dengan sebutan downdraft. Dengannya, perangkat penyemprot bahan bakar ini terhubung secara vertikal.

"Desain mesinnya pakai downdraft. Dari injection vertikal menuju ruang bakar. Itu adalah karakter-karakter mesin ber-RPM tinggi," kata M Abidin, GM Service dan Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Pengaturan yang demikian berujung pada hasil tertentu. M Abidin menambahkan bahwa Yamaha memang memiliki alasan atas rancangan mesin ini.

"Kenapa dibuat downdraft? Ini karena alirannya maunya tidak ada hambatan," ujarnya.

Speedometer Yamaha R25 bisa menunjukkan lampu peringatan kapan penunggangnya harus pindah gigi ketika putaran mesin sudah mencapai puncaknya.

Menurut Fajar dari Technical Publication Yamaha Motor Indonesia, spesifikasi standar pabrik untuk tiap perpindahan gigi adalah 7.000 RPM. Namun, dia menyebutkan bahwa putaran mesin itu bisa disetel ulang bahkan hingga mentok di 15.000 RPM.

Yamaha Indonesia sendiri sebelumnya terang-terangan mengatakan bahwa motor 250 cc mereka ini punya tenaga di atas Ninja dan CBR250R. Jika YZF-R25 ada di 36 PS, power maksimum Ninja 250 ada di angka 32 PS. Sementara itu, Honda CBR250R berada di angka 29 PS pada 9.000 RPM.

(kpl/why/rd)


Sumber: Otosia.com
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.