Sambut New Normal, Daihatsu Siapkan Kejutan untuk Konsumen

Rabu, 1 Juli 2020 00:01 Reporter : Iwan Tantomi
Sambut New Normal, Daihatsu Siapkan Kejutan untuk Konsumen Sambut New Normal, Daihatsu Siapkan Kejutan untuk Konsumen. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pandemi yang berlangsung empat bulan terakhir di Indonesia, turut memberikan dampak buruk di berbagai sektor termasuk otomotif. Sejak masa physical distancing hingga PSSB diberlakukan, pasar otomotif di Indonesia mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan.

Hal ini pun diungkapkan langsung oleh Hendrayadi Lastiyoso, selaku Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam event virtual Ruang Merdeka x Daihatsu yang berlangsung pada 23 Juni 2020.

Menurut Bapak Hendrayadi, kekhawatiran masyarakat akibat pandemi Covid-19, turut membuat penjualan otomotif di Indonesia turun sebesar 22 persen per Maret 2020.
Sementara saat April 2020, di mana PSBB diberlakukan, penurunan penjualan otomotif di Indonesia tembus 66 persen. Memasuki Mei 2020, penjualan pun makin turun 30 persen dari bulan sebelumnya.

“Pasarnya tinggal 17.100 untuk seluruh brand market otomotif di Indonesia, paling rendah dalam 10 tahun terakhir. Padahal saat normal, angka tersebut bisa dijual sendiri oleh Daihatsu tahun lalu hanya dalam dua bulan saja,” ungkap Bapak Hendrayadi.

Meski begitu, Bapak Hendrayadi mengungkapkan sekalipun retail sales turun 40 persen, tetapi Daihatsu hanya turun 38,6 persen. Angka tersebut masih lebih kecil dari penurunan yang terjadi di pasar otomotif nasional.

“Market share Daihatsu masih mendapatkan impact yang baik, karena naik sedikit terkoreksi sebesar 18,4 persen atau naik 0,4 persen dari tahun lalu,” tambah Bapak Hendrayadi.

Lebih lanjut, Bapak Hendrayadi pun mengungkapkan jika new normal dapat menjadi peluang untuk mendorong pemasaran mobil baru. Pasalnya, hasil survey internal AI-DSO menyebutkan bila 66 persen responden merasa lebih aman menggunakan mobil pribadi daripada transportasi publik di masa pandemi seperti saat ini.

“Sebagian besar konsumen kami cenderung ingin membeli mobil baru, sehingga new normal menjadi momen yang besar untuk menjual produk mobil baru kami,” ungkap Bapak Hendrayadi.

Tak sampai di situ, Bapak Hendrayadi menambahkan jika banyak masyarakat sekarang ini ingin membeli mobil baru karena kebutuhan dan fungsi, bukan sekadar gengsi. Konsumen otomotif ini pun bahkan siap secara keuangan untuk membeli mobil baru, baik secara tunai maupun kredit.

1 dari 2 halaman

Daihatsu Punya Kejutan Menarik Buat Konsumen Setia

sambut new normal daihatsu siapkan kejutan untuk konsumen

Credit via instagram.com/daihatsuind

Kabar baiknya, demi memenuhi kebutuhan konsumen otomotif yang ingin memiliki mobil baru karena fungsi dan buka sekadar gengsi, Daihatsu Indonesia punya kejutan menarik, berupa Value Chain Astra yang tak boleh dilewatkan. Kejutan menarik ini pun diungkapkan langsung oleh Ibu Amelia Tjandra, selaku Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam kesempatan yang sama.

“Kami menawarkan value chain Astra, bila membeli mobil di Daihatsu. Misalnya, kalau ingin trade-in, kami ada Mobil88. Pembiayaannya, ada ACC atau Daihatsu Financial Services, serta asuransinya ada Garda Oto,” ungkap Ibu Amelia Tjandra.

Menurut Ibu Amelia Tjandra pihaknya memiliki database yang terintegrasi, sehingga proses pembelian mobil di Daihatsu pasti lebih mudah. Hal ini karena proses persetujuan kreditnya lebih cepat.

“Itulah fasilitas yang kami tawarkan, kemudahan dan one stop solution,” imbuh Ibu Amelia Tjandra.

Di samping itu, Ibu Amelia Tjandra juga menegaskan bila faktor kesehatan menjadi prioritas di masa sekarang ini. Makanya, pilihlah mobil yang paling cocok dengan pasar Indonesia. Hindari membeli mobil sekadar untum kebanggaan, tetapi justru menghadirkan kesulitan tersendiri lantaran sulit dan mahalnya biaya perawatan.

2 dari 2 halaman

Mobil Paling Diminati Selama Pandemi

sambut new normal daihatsu siapkan kejutan untuk konsumen

Credit via instagram.com/daihatsuin

Selain kejutan menarik, Bapak Hendrayadi juga menjelaskan segmen mobil Daihatsu yang paling diminati konsumen selama masa pandemi. Jenis mobil tersebut adalah 7 seater, baik model MPV maupun SUV yang lebih cocok secara fungsi dan kebutuhan.

Astra Daihatsu Sigra menjadi mobil terlaris di keluarga Daihatsu. Model MPV LCGC ini bahkan menyumbangkan 29 persen data penjualan ritel selama Mei 2020. Kemudian, ada SUV Terios dengan kontribusi 16 persen, disusul LCGC hatchback, yaitu New Astra Daihatsu Ayla dengan kontribusi 12,5 persen, serta low MPV, yaitu Xenia dengan kontribusi 11 persen.

Nah, untuk menggaet konsumen otomotif yang membutuhkan mobil baru secara fungsional, Astra Daihatsu pun telah menggelar virtual showroom pertama pada tanggal 27 Juni 2020 lalu dengan lebih dari 6000 registrasi yang ikut serta dalam acara tersebut.

Gimana, siap sambut new normal dengan mobil baru? Daihatsu siap jadi pilihan terbaikmu! Untuk info lebih lanjut, klik di sini.

[aki]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini