Sambut Mobil Listrik, Pertamina: Tim R&D Susun Strateginya termasuk Baterai

Jumat, 11 September 2020 17:57 Reporter : Syakur Usman
Sambut Mobil Listrik, Pertamina: Tim R&D Susun Strateginya termasuk Baterai Ilustrasi mobil listrik. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Perusahaan energi nasional, PT Pertamina, siap menyambut era kendaraan listrik di Indonesia, meski kelak kendaraan ini tidak lagi membutuhkan bahan bakar minyak seperti sekarang. Saat ini Pertamina sedang mengkaji teknologi baterai mobil listrik.

Eko Kristiawan, Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III, menjelaskan Pertamina telah berubah dari perusahaan minyak dan gas bumi menjadi perusahaan energi. Sehingga terbuka mengembangkan energi dari sisi mana pun termasuk energi listrik.

Pertamina percaya era mobil listrik adalah keniscayaan di Tanah Air. Apalagi teknologi mobil ini sudah banyak beredar di kota-kota besar sebagai teknologi industri otomotif masa depan.

"Pertamina punya green energy station di SPBU Kuningan, Jakarta Selatan. Di sana kami ada fasilitas fast charging untuk mobil listrik. Fasilitas ini akan dikembangkan lebih lanjut," ujar Eko menjawab Merdeka.com dalam diskusi virtual dengan Forum Wartawan Otomotif Indonesia, Jumat siang (11/9).

Pertamina, lanjut Eko, juga akan mengembangkan baterai untuk memasok kendaraan listrik. Saat ini kegiatan riset dan pengembangan (R&D) untuk baterai masih terus berjalan. Termasuk untuk energi solar panel, selain energi eksisting panas bumi (geothermal).

"Kami sikapi bijak perkembangan terbaru teknologi otomotif. Pertamina tentu menyiapkan diri dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi terbaru," tegas Eko.

Baca Selanjutnya: Target Populasi Mobil Listrik 20...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini