KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pengaturan BBM subsidi dimulai di Jawa - Bali

Kamis, 12 April 2012 15:41 Sumber :
Ilustrasi (Foto: Nazar Ray)

Merdeka.com - Pemerintah akan melakukan pengaturan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mulai Mei mendatang. Hal tersebut dilakukan agar volume BBM bersubsidi tidak melampaui kuota yang telah ditetapkan yaitu sebesar 40 juta kiloliter. Aturan mengenai hal ini akan dikeluarkan pada akhir April atau awal Mei 2012.

Seperti disampaikan Ditjen Migas, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Evita Legowo mengatakan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan aturan terbaik dan pentingnya hal ini untuk didiskusikan bersama pemangku kepentingan atau stakeholder.

Menurutnya, jika penggunaan BBM bersubsidi tidak dikendalikan, maka volumenya diperkirakan dapat mencapai 47 juta kiloliter atau melebihi kuota. Adapun pengguna terbesar BBM bersubsidi adalah kendaraan pribadi dengan angka 53 persen dari total volume BBM subsidi.

Sebagai tindak lanjut dari Perpres No 15 tahun 2012, akan diatur pihak-pihak yang berhak menggunakan BBM bersubsidi dan pihak-pihak yang tidak. Pengaturan penggunaan BBM bersubsidi ini pun akan diberlakukan di Jawa dan Bali dengan alasan bahwa infrastrukturnya telah tersedia. Di samping itu, Pertamina telah menyatakan siap untuk melaksanakan rencana pengaturan tersebut.

Rencana pengaturan penggunaan BBM bersubsidi ini pun berlanjut pada isu bahwa premium masih boleh dikonsumsi mobil dengan kapasitas mesin atau cc tertentu. Namun tidak disebutkan apakah batasan itu di bawah 1500 cc yang di antaranya termasuk mini-MPV Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga atau jenis mobil dan kapasitas mesin di bawahnya. (kpl/why/bun)

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.