Pemenang BlackAuto Battle Seri Solo Menuju Final Battle di Jakarta 26-27 November

Kamis, 29 September 2022 16:05 Reporter : Syakur Usman
Pemenang BlackAuto Battle Seri Solo Menuju Final Battle di Jakarta 26-27 November BlackAuto Battle musim 2022 kembali digelar di kota Solo.. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Hajatan besar kompetisi car tuning Indonesia, BlackAuto Battle musim 2022, kembali digelar di kota Solo, akhir pekan lalu (24/9). Ini sebagai kota pembuka event dengan jargon "Real competition, True Champion", setelah vakum akibat pandemi Covid-19.

Berlokasi di Colomadu, Blackxperience.com membidik Solo sebagai perwakilan provinsi Jawa Tengah sekaligus Center Region. Kota berjuluk "The Spirit of Java" ini dianggap memiliki cita rasa berbeda dalam dunia car tuning yang digandrungi anak muda Indonesia.

"Setelah masa pandemi berakhir, 2022 adalah tahun yang mana kami kembali menggelar gelaran BlackAuto Battle dengan memilih kota Solo sebagai kota pertama kita yang mewakili Central Region," ujar Boy Prabowo, pelaksana event dalam rilisnya, kemarin.

Di Solo, makin banyak rumah-rumah modifikasi, installer, dan bagian industri car tuning yang membangun bisnisnya. Sehingga mendukung dan merangsang pertumbuhan industri car tuning di kota sekitarnya, seperti Boyolali, Sragen, dan Klaten.

Alhasil Solo dipillih untuk gelaran event sekaliber BlackAuto Battle 2022.

"Sekitar 96 mobil bertanding untuk memperebutkan gelar terhormat sekaligus golden ticket menuju Final Battle di Jakarta 26-27 November di Stadion Aquatik Senayan," jelas Boy.

BlackAuto Battle seri Solo akan menyuguhkan sebuah kompetisi modifikasi, engine performance, dan car audio yang berbeda dari kompetisi serupa di Indonesia.

Kategorisasi, sistem pertandingan, penjurian, metode penilaian, dan aturan lain sudah dirancang sedemikian rupa dengan mengedepankan aspek fairness dan terukur dengan baik.

Gelaran BlackAuto Battle juga memiliki visi ajang adu kreasi dan inovasi terbaik hasil karya anak bangsa.

Kontes ini juga menggandeng asosiasi Asia Pacific Car Tuning (APACT) yang berperan sebagai dewan juri, sekaligus hal perdana di Blackauto Battle

"Masih menggandeng APACT sebagai asosiasi penjurian modifikasi, tahun ini kami bagi dalam dua kelas besar, yaitu Contest dan Culture yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tren saat ini," jelas Boy sambil menambah penjurian dilakukan secara fair dengan metode terukur dan dapat dipertanggung jawabkan.

Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, BlackAuto Dyno Test edisi 2022 terbagi atas dua kelas berbeda, yaitu Max 4 Cylinder N/A dan Max 4 Cylinder FI.

Belum berubah, mesin ukur daya didatangkan khusus dari Mainline Dynolog Australia, satu-satunya engine performance contest di Indonesia. Sebagai informasi tambahan, mesin dyno garapan Mainline Dynolog Australia merupakan salah satu produk dynamo meter terbaik di dunia dengan hasil sangat akurat. Apalagi mesin ini mampu mengukur daya dari dua karakter penggerak roda berbeda, yaitu depan (FWD), belakang (RWD), atau keduanya (AWD).

Sementara untuk Black Out Loud terbagi tiga kelas yang mewakili genre berbeda, yaitu SQ, SQL dan SPL. SQ atau Sound Quality adalah genre hi end dalam car audio yang mencari tonal akusari, staging, imaging serta listening pleasure dengan menggunakan perangkat software yang ditentukan.

Tahun ini Black Out Loud bekerja sama dengan tiga asosiasi sekaligus: i-CAN (Indonesia Car Audio Network), EMMA (European Mobile Media Association), dan MECA (Mobile Electronic Competition Association).s

Untuk juri SQL tahun ini adalah seorang profesional audio di bidang speaker builder yakni Maslim Djanuanto.

2 dari 2 halaman

Daftar Pemenang Kontes

blackauto battle musim 2022 kembali digelar di kota solo
©2022 Merdeka.com

SQL Champ:

1. Maximos - Agya
2. Team ICA - Ertiga
3. Ronald Omega - CRV

Fun SPL Champ:

1. Team ICA - Ertiga
2. Maximos - Agya
3. Ronald Omega - CRV

SQ Unlimited (EMMA-MECA-CAN):

1. Dream Sound Audio Circle - CRV
2. Dream Sound Audio Circle - Nissan March
3. Terang Jaya Audio Audio Circle - Nissan Terra

Culture Car Champ:
1. Toyota FT86 Dimension
2. Lexus LS Gemblung
3. Chrysler 300C Rafa Project

Contest Car Champ:
1. Mits. Xpander Ratris
2. Honda Accord Goldie
3. Honda Civic FD

Black Culture Car:
1. Chrysler 300C Rafa Project

Black Contest Car:
1. Mitsubishi L300 Pangunci

[sya]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini