Patuhi Regulasi Uji Emisi Kendaraan Anda di Jakarta, Kalau Tidak Kena Biaya Ini!

Jumat, 8 Januari 2021 16:16 Reporter : Syakur Usman
Patuhi Regulasi Uji Emisi Kendaraan Anda di Jakarta, Kalau Tidak Kena Biaya Ini! bengkel auto2000. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah provinsi DKI Jakarta mengatur lebih ketat soal emisi gas buang kendaraan bermotor di wilayahnya.

Berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, pemilik mobil dengan usia 3 tahun lebih yang tidak melakukan uji emisi atau tidak memenuhi ketentuan lulus uji emisi gas buang, akan kena disinsentif biaya parkir tertinggi dan penilangan oleh kepolisian.

Penerapannya dimulai pada 24 Januari 2021, sesuai dengan isi pergub tersebut.

Uji emisi merupakan bagian dari prosedur standar servis berkala. Uji emisi bisa dilakukan di bengkel Auto2000. Teknisi Auto2000 dapat mengetahui sejauh mana tingkat kesehatan mobil berdasarkan hasil uji emisi sehingga dapat langsung melakukan deteksi dini apabila ada potensi kerusakan pada mesin.

Dengan begitu, dapat dilakukan upaya penyetelan dan perbaikan untuk menghindari kerusakan lebih jauh seperti mogok. Alhasil, mobil yang menjalani servis berkala di bengkel Auto2000 melalui proses uji emisi gas buang. Sebagai diler Toyota terbesar di Indonesia, Auto2000 mempunyai fasilitas alat uji emisi gas buang yang lengkap dan modern di seluruh bengkel Auto2000.

Untuk biaya uji emisi, bagi pelanggan yang melakukan servis berkala tidak dikenai biaya (gratis). Namun, bagi yang hanya ingin melakukan uji emisi, dikenakan biaya Rp 150 ribu.

Setiap kendaraan yang sudah melakukan uji emisi dan dinyatakan lulus uji emisi di bengkel Auto2000 akan didaftarkan oleh Service Advisor Auto2000 ke laman: ujiemisi.jakarta.go.id. Kemudia diberikan barcode atau nomor hasil uji emisi yang dapat dicek di aplikasi mobile e-Uji Emisi untuk melihat e-Sertifikat Surat Keterangan Memenuhi Ambang Batas Emisi.

Bagi kendaraan AutoFamily yang belum lulus uji emisi, SA Auto2000 akan menginformasikan bahwa kendaraannya belum lulus uji emisi dan menginformasikan perbaikan yang harus dilakukan.

“Demi lingkungan hidup yang lebih bersih dan nyaman di masa depan, Auto2000 sangat mendukung kebijakan uji emisi gas buang yang diterapkan di DKI Jakarta. Urusan Toyota Lebih Mudah, Segera lakukan service berkala dan uji emisi di bengkel-bengkel Auto2000, lakukan booking service sekarang melalui Auto2000 Digiroom atau booking via wa Tasia 0822 8980 2000,” ujar Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, dalam rilisnya. [sya]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini